< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Ditekan Potensi Kenaikan Suku Bunga, Sektor Perbankan Dinilai Prospektif

Idx Channel
Hal ini ditambah dengan perubahan perilaku pelaku pasar yang cenderung menjadi menahan diri dengan kuatnya tekanan dari sentimen global.
Ditekan Potensi Kenaikan Suku Bunga, Sektor Perbankan Dinilai Prospektif (foto: MNC Media)
Ditekan Potensi Kenaikan Suku Bunga, Sektor Perbankan Dinilai Prospektif (foto: MNC Media)

IDXChannel - Laju pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diyakini masih akan cenderung dinamis dengan sejumlah sentimen minor yang tersedia di pasar. Hal ini ditambah dengan perubahan perilaku pelaku pasar yang cenderung menjadi menahan diri dengan kuatnya tekanan dari sentimen global.

Salah satu sentimen global tersebut, yaitu peluang kenaikan suku bunga, yang dipelopori oleh kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat, Federal Reserves alias The Fed, yang lebih dulu menaikkan bunga acuannya secara cukup agresif.

Kondisi ini dianggap bakal memangkas daya saing di industri keuangan tersebut. Namun demikian, dengan peluang pelemahan yang ada saat ini, justru diyakini membuat saham-saham perbankan cukup layak untuk dikoleksi.

"Jadi meskipun sektor perbankan masih berpotensi tertekan sebagai imbas kondisi global, namun untuk kedepannya menurut saya kondisinya bakal membaik. Karena bisa dilihat dari BI (Bank Indonesia) yang tidak gegabah dalam mengambil kebijakan," ujar Analis Senior CSA Research Institute, Reza Priyambada, Rabu (29/6/2022).

Dengan asumsi bahwa penempatan dana bakal dilakukan dalam jangka panjang, Reza pun mendorong pelaku pasar untuk dapat memanfaatkan kondisi tersebut.

Sementara itu, selain perbankan, Reza juga mengaku memiliki sejumlah rekomendasi sektor industri lain yang dapat dipilih dan dicermati. Sektor-sektor pilihan tersebut diantaranya sektor industri, energi dan juga pertambangan.

"(Sektor) Industri, energi dan tambang masih terbilang menarik, karena tentunya dipengaruhi oleh harga komoditas yang saat ini masih terus naik," tegas Reza. (TSA)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!