< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Bupati Bangka Buka POPDA ke-14, 626 Atlet Bersaing Raih Prestasi

Tribun-bangka

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka Mulkan membuka resmi kegiatan Pekan Olahraga Daerah (POPDA) ke-14 Kabupaten Bangka Tahun 2022 ditandai dengan pelepasan balon ke udara di Stadion Bina Satria Sungailiat, Rabu (14/06/2022) sore.

Ajang POPDA ini berlangsung 24 hingga 17 Juni 2022 mempertandingkan 8 cabang olahraga, yaitu  bola basket, bola voli, bulutangkis, pencak silat, sepakbola, sepak takraw, tenis lapangan dan tinju.

Kegiatan dihadiri Sekda Bangka H Andi Hudirman, unsur Forkopimda Bangka, para pejabat dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka, Ketua PKK Kabupaten Bangka Yusmiati Mulkan, para camat dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan ini dibuka dengan devile kontingen peserta yang berasal dari 8 kecamatan di kabupaten Bangka, pasukan bendera Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kabupaten Bangka, drumband SMPN 2 Sungailiat, juga ada atraksi pencak silat.

Panitia pelaksana juga menyediakan kupon door prize bagi seluruh peserta dengan hadiah utama satu kulkas dari Honda, serta puluhan hadiah menarik lainnya.

Ketua panitia pelaksana yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka, Rozali Romkad  mengatakan kegiatan ini diikuti 626 peserta pelajar dari 8 kecamatan di Kabupaten Bangka yang mempertandingkan 8 cabang olahraga.

"Untuk panitia, wasit, juri, tenaga medis dan lainnya ada 118 orang. Kegiatan beberapa pertandingan olahraga sudah dilaksanakan sejak kemarin," kata Rozali.

Ditambahkannya untuk peserta dari kecamatan yang jauh disediakan tempat menginap di Mess Pemkab Bangka.

"Alhamdulillah tahun ini kita bisa melaksanakan kembali POPDA karena sudah 2 tahun terakhir ini karena wabah pandemi Covid-19 tidak bisa dilaksanakan," ujar Rozali.

Diungkapkannya para peserta berasal dari pelajar SMA/ SMK dan SMP mengikuti 8 cabang olahraga, namun satu cabang tinju sudah ada atletnya namun tidak dipertandingkan di tingkat Kabupaten Bangka dan nanti hanya mengikuti di tingkat POPDA Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Para atlet pemenang  selain mendapatkan medali juga mendapatkan bonus uang dengan besaran variatif setiap cabang olahraga, namun total bonus sekitar Rp64 juta," kata Rozali.

Dilanjutkannya, untuk para pemenang akan mengikuti POPDA tingkat provinsi yang akan dilaksanakan bulan ini juga.

"Kita punya persiapan sekitar satu minggu lebih untuk persiapan atlet untuk POPDA tingkat provinsi nantinya," imbuh Rozali.

Bupati Bangka Mulkan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung terlaksananya kegiatan POPDA ke-14 Kabupaten Bangka ini.

"Alhamdulillah berkat kolaborasi pentahelix di Kabupaten Bangka cukup baik, sehingga semua kegiatan yang dilaksanakan baik itu keagamaan, olahraga dan kemasyarakatan lainnya berjalan dengan baik dan lancar. Seperti hari ini kita dapat dukungan dari pihak Honda yang menyediakan hadiah door prize utama berupa kulkas," kata Mulkan.

Menurutnya melalui kegiatan ini diharapkan bisa menjaring bibit-bibit atlet yang akan dipersiapkan untuk Porprov VI yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bangka Barat tahun 2023 mendatang.

"Melalui POPDA inilah sebagai ajang untuk seleksi  para atlet ini, semoga kita mendapatkan hasil yang terbaik untuk Kabupaten Bangka," harapnya.

Diingatkannya meskipun saat ini wabah Covid-19 sudah melandai namun tetap harus diwaspadai jangan sampai kita terlena dan lalai.

"Tentunya dengan kondisi yang kita anggap aman namun belum tentu aman, kami harapkan kepada para camat, bukan hanya mengantarkan para atlet saja tetapi bagaimana tetap memonitor para atlet ini," harap Mulkan.

Ia juga siap memberikan bonus tambahan kepada para atlet yang berprestasi dalam ajang POPDA Kabupaten Bangka ini.

"Mudah-mudahan nanti saat penutupan bagi para atlet yang berprestasi ini kita siapkan hadiah khusus supaya mereka lebih bersemangat lagi mengikuti kegiatan ini," kata Mulkan.

Diungkapkannya, prestasi atlet Kabupaten Bangka dalam Porprov Babel lalu berhasil menjadi juara umum, karena itu diharapkan prestasi ini bisa dipertahankan dalam Porprov Babel 2023 di Kabupaten Bangka Barat.

"Untuk cabang olahraga renang, pihak Kabupaten Bangka Barat belum memiliki kolam renang yang standar, sehingga Kabupaten Bangka siap bersinergi dan membantu menyiapkan fasilitas untuk lomba renang dalam Porprov VI nanti," ungkap Mulkan.

(Bangkapos.com/Edwardi)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!