< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

17 Mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya Raih Beasiswa IISMA 2021 dari Kemendikbud

Surya-tribun

SURYA.co.id | SURABAYA - Sebanyak 17 mahasiswa Universitas Ciputra Surabaya meraih beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikjen Dikti) Kemendikbud Republik Indonesia.

Prestasi didapatkan mereka setelah berhasil bersaing dengan sekitar 7500 mahasiswa yang telah apply dari seluruh Indonesia.

Program IISMA 2021 sendiri merupakan program bagi mahasiswa semester 4 hingga 7 untuk belajar selama satu semester (sekitar 16 minggu) di universitas luar negeri.

Kepala Kerjasama (KUI) UC, Suryani Halim, SE mengaku bangga dengan keberhasilan mahasiswa UC mendapatkan beasiswa yang akan memfasilitasi mahasiswa untuk menambah pengetahuan sekaligus malatih keterampilan ini.

Bahkan mereka juga berkesempatan bertukar gagasan dan budaya serta membangun jejaring dengan teman kuliah, akademisi dan masyarakat internasional di perguruan tinggi di luar negeri.

"Pencapaian ini merupakan hasil terbaik bagi kami dan menjadi kebanggaan POKJA IISMA untuk masuknya mahasiswi Universitas Ciputra di kampus-kampus terkemuka Dunia. Tahun ini ada 17 mahasiswa yang lolos mengikuti IISMA 2022. Jumlah ini meningkat dimana tahun kemarin tercatat 12 orang yang lolos IISMA 2021," kata Suryani saat ditemui SURYA.co.id di Kampus UC, Rabu (25/5/2022).

Peningkatan tersebut bukan tanpa sebab, pasalnya Suryani menyebut pihaknya telah melakukan sosialisasi program lebih awal kepada mahasiswa, bekerja sama dengan program studi dalam hal mempersiapkan mahasiswa menghadapi IISMA 2022.

“Supaya mahasiswa mendapat gambaran manfaat mengikuti program ini, kami juga mengundang mahasiswa peserta ISSMA 2021 untuk bisa sharing pengalaman. Setelah itu kami juga informasikan untuk mahasiswa bisa mempersiapkan dokumen jauh-jauh hari seperti sertifikat TOEFL iBT/Paper-based/IELTS/Duolingo," jelasnya.

Selain itu, peran kepala program studi juga menjadikan kunci keberhasilan ikut serta dalam seleksi dan mempersiapkan mahasiswa untuk cakap beradaptasi (cross culture adaptability) dan juga mampu memrepresentasikan budaya bangsa Indonesia.

Banyak benefit yang didapatkan oleh mahasiswa saat mengikuti program IISMA, di antaranya adalah peningkatan kemampuan beradaptasi terhadap budaya global, lebih percaya diri hingga mampu bergaul dalam bahasa global.

"Mahasiswa juga jadi punya knowledge tertentu dari universitas atau negara yang meraka kunjungi sehingga dapat dijadikan inspirasi dalam penciptaan jasa dan produk di Indonesia," ungkapnya.

Salah satu mahasiswa yang mendapat beasiswa belajar ke Boston University Metropolitan College, Celine Soegiardjo mengatakan untuk mendapatkan beasiswa tersebut ia dan teman-temannya harus melalui proses seleksi yang begitu panjang.

Dimana saat tahap pertama, ia diharuskan melengkapi dokumen seperti transkrip nilai (IPK > 3.00), english proficiency test (ielts, toefl, atau duolingo) dan surat rekomendasi dari universitas.

"Jadi setelah berkas semua sudah lengkap, kami harus memastikan diri tidak pernah berbuat kriminal melalui pembuatan SKCK yang sempat tertunda akibat bertepatan dengan libur lebaran," ungkap mahasiswi prodi IBM (International Business Management) Reguler Class itu.

Meski begitu, Celine mengaku senang karena studinya nanti akan difasilitasi oleh pemerintah mulai dari biaya studi, akomodasi, PCR, asuransi kesehatan, pengurusan visa, biaya hidup hingga tempat tinggal.

"Saya sangat tertarik belajar culture dan kebiasaan baru yang ada di Luar negeri. Program ini sangat luar biasa, Boston University Metropolitan College tentu menjadi pilihan yang menarik bagi saya. Negaranya bagus terus saya sendiri juga suka lingkungan perkotaan sehingga boston cocok untuk saya," ujarnya.

Celine rencananya akan tinggal diboston untuk studi selama 5 bulan, mulai dari bulan Agustus hingga Desember 2022.

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!