Pengertian Staycation


Pengertian Staycation
source: https://edition.cnn.com/

Dilihat dari namanya sendiri, staycation merupakan gabungan dari dua kata berbeda, yaitu stay yang berarti tinggal atau menetap dan cation yang diambil dari kata vacation memiliki arti berlibur. Kalau kedua pengertian ini digabungkan, staycation memiliki arti berlibur dengan cara menetap atau menginap di suatu tempat.

Kemunculan Awal Konsep Liburan Staycation


Kemunculan Awal Konsep Liburan Staycation
source: http://resourcemagonline.com/

Konsep liburan ini pertama kali muncul di negara Amerika Serikat saat terjadi krisis keuangan tahun 2007 sampai dengan tahun 2010. Saat itu konsep liburan staycation jadi pilihan karena biayanya yang tergolong lebih murah dibandingkan pergi liburan ke luar negeri. 

Konsep awal staycation adalah liburan yang dilakukan di dalam negeri dengan aktivitas di sekitar rumah saja seperti ke museum ataupun taman. 

Pengalihan Arti


Pengalihan Arti
source: https://www.pelicanhillmagazine.com

Namun, seiring dengan berkembangnya tren di media sosial, kini staycation diartikan sebagai liburan yang segala aktivitasnya dihabiskan di hotel, villa ataupun penginapan apapun yang dipilih. Bukan hanya menginap, kegiatan-kegiatan menyenangkan lainnya juga dilakukan di dalam komplek hotel atau villa yang telah dipilih tersebut, mulai dari spa, sajian restoran, pemandian air panas, wahana di dalam ressort, dan lainnya.

Fasilitas yang Biasa Diincar


Fasilitas yang Biasa Diincar
source: https://hisandhervoyage.com

Karena bukan hanya sebagai tempat beristorahat, hotel dan villa yang diincar juga tak sembarangan. Biasanya beberapa fasilitas yang dicari adalah kolam renang dengan pemandangan, santapan, lokasinya yang strategis dan suasananya yang instagramable untuk kebutuhan posting di media sosial.

Keuntungan Berlibur dengan Konsep Staycation


Keuntungan Berlibur dengan Konsep Staycation
source: https://www.truthquestion.com

Selain biayanya yang cenderung lebih murah, konsep liburan dengan staycation juga memberikan beberapa keuntungan psikologis lho.

Dengan konsep menetap, kita tidak akan merasakan perjalanan panjang dari satu tempat ke tempat lain, jetlag, delay, dan lainnya. Selain itu biasanya momen ini juga dijadikan sebagai momen untuk mengenal teman lebih dalam dengan beberapa permainan-permainan seperti "Truth or Dare" atau "Never Have I Ever" yang akan menguak kepribadian satu sama lain.