< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Pantai Batu Kapur, Keindahan Alam di Bangka yang Membuatmu Lupa Akan Penat

Wisato

Kepulauan Bangka Belitung atau yang kemudian disebut dengan Provinsi Bangka Belitung adalah salah satu daerah yang cukup beruntung karena dianugrahi dengan pemandangan alam yang sangat indah dan menawan. Lokasinya yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan membuat Bangka Belitung memiliki sederet pantai dengan keindahan yang menawan dan terlihat sangat eksotis. Pemandangan pantai di Bangka Belitung juga cukup unik karena banyak dihiasi oleh bongkahan batu granit raksasa, bukan batu karang seperti pada umumnya.

Nah, jika kamu berkunjung ke Pulau Bangka, ada salah satu pantai yang tidak boleh kamu lewatkan, yakni Pantai Batu Kaur. Pantai yang satu ini seakan menjadi miniatur keeksotisan alam di Pulau Bangka. Berada di pantai ini juga akan membuatmu lupa akan segela penat dan jenuhnya kehidupan di kota.

Lokasi Pantai Batu Kapur

Sumber: Instagram@anggrainilyaaa

Secara administratif Pantai Batu Kapur terletak di Kelurahan Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung. Tidak terlalu sulit untuk bisa mencapai lokasi Pantai Batu Kapur, karena dari pusat kota Toboali para pengunjung hanya butuh waktu sekitar 15 menit perjalanan dengan jarak tempur 5 km. Sementara jika datang dari Kota Pangkal Pinang yang menjadi ibu kota Provinsi Bangka Belitung, para pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 130 km dengan memakan waktu tempuh sekitar 2 jam 30 menit. Meskipun jauh dari pusat kota Pangkal Pinang, namun jalanan yang mulus dan lokasinya yang mudah dijangkau membuat para pengunjung tidak perlu takut tersesat ketika berkunjung ke Pantai Batu Kapur. Jika memang kurang yakin dengan jalan yang dilalui, pengunjung bisa bertanya kepada penduduk lokal tentang lokasi Pantai Batu Kapur. Karena lokasi pantai sendiri tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk.

Asal Muasal Nama Pantai Batu Kapur

Sumber: Instagram @rfauzian

Meskipun dinamakan Pantai Batu Kapur, namun jangan berharap akan menemukan bongkahan batu kapur di pantai yang satu ini. Menurut informasi, pantai yang satu ini dinamakan demikian karena banyak ditemukan serangga laut yang dinamakan ‘kapur’ oleh penduduk setempat. Akan tetapi kapur hanya akan muncul pada saat-saat tertentu pada sore menjelang malam hari.

Daya Tarik Pantai Batu Kapur

Sumber: Instagram@tutikpujiastuti

Ketika pertama kali sampai di lokasi, para pengunjung akan langsung disuguhi dengan pemandangan alam yang sangat eksotis. Layaknya pantai di Bangka Belitung pada umumnya, di Pantai Batu Kapur para pengunjung juga akan menemukan banyak bongkahan batu granit raksasa yang terletak di bibir pantai. Air Laut China Selatan yang berwarna biru bersih dengan ombak yang cukup tenang juga membuat pantai yang satu ini terlihat sangat menawan. Di sekitar pantai juga terdapat sederet pepohonan rimbun yang bisa menjadi teman para pengunjung di kala matahari sedang bersinar terang. Pasir di Pantai Batu Kapur juga cukup bersih dan lembut, layaknya gula.

Aktivitas di Pantai Batu Kapur

Sumber: Instagram@_motobae

Sementara ombak yang tenang membuat para pengunjung bisa dengan leluasa bermain air atau bahkan berenang di Pantai Batu Kapur. Apabila tidak ingin basah-basahan, berfoto ria juga bisa menjadi pilihan untuk memanfaatkan landscape yang menawan di Pantai Batu Kapur. Untuk kamu yang suka berpetualang, berjalan di atas pantai berpasir putih bersih sambil mengitari pantai juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu di Pantai Bukit Kapur.

Fasilitas di Pantai Batu Kapur

Sumber: Instagram @galeripesonababel

Melihat keindahan dan pesona alam yang ditawarkan, semakin hari Pantai Batu Kapur semakin banyak didatangi oleh para wisatawan. Oleh sebab itu, pantai yang satu ini juga mulai dikelola dan disediakan berbagai fasilitas penunjang seperti toilet dan kamar ganti yang bersih. Di sekitar pantai juga terdapat berbagai warung yang menjual aneka minuman dan makanan. Makanan yang dijual biasanya adalah bakso, tekwan, otakotak, dan beberapa makanan ringan lainnya. Sementara untuk minumnya adalah air kelapa muda, yang memang sangat cocok untuk dinikmati di tepi pantai dengan angin yang semilir dan gemuruh ombak yang terdengar bersahut-sahutan.

Bagaimana, apakah kamu tertarik berkunjung ke Pantai Batu Kapur? Melihat keindahan yang ditawarkan, Pantai Batu Kapur dirasa adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Pula Bangka, terutama di Kabupaten Bangka Selatan.

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!