< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Runway 3 Beroperasi November, Bandara Soetta Bisa Didarati 100 Pesawat per Jam

iNews Portal

TANGERANG, iNews.id - Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) bakal mempunyai landasan pacu (runway) baru. Runway 3 tersebut ditargetkan beroperasi penuh pada November 2019.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, PT Angkasa Pura II (Persero) telah melakukan uji coba runway 3 dalam sebulan terakhir. Namun, runway tersebut belum selesai sepenuhnya karena baru memiliki panjang 2.500x45 meter.

"Nanti pada bulan November, panjang runway 3 menjadi 3000×60 meter bisa dilaksanakan, semua pesawat bisa mendarat dan take off di situ,” kata Menhub melalui keterangan tertulis, Senin (9/9/2019).

Saat ini, Bandara Soetta dengan dua runway menampung 75 pesawat per jam dan beroperasinya runway 3 secara terbatas menjadi 81 pesawat per jam. Jika runway 3 beroperasi penuh, maka bandara bisa menampung hingga 100 pesawat per jam.

Direktur Utama AP II M. Awaluddin menambahkan, berdasarkan uji coba yang dilakukan secara terbatas, kehadiran runway 3 bisa menghemat bahan bakar pesawat maskapai antara Rp70-75 juta per pendaratan (landing). Pasalnya, pesawat tidak perlu lagi berlama-lama di udara (holding) untuk mengantre mendarat.

"Setelah (pesawat) landing, langsung dilakukan route ke parking stand dengan lebih cepat," kata Awaluddin.


Editor : Rahmat Fiansyah

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!