< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Fans Malaysia Bongkar Perlakuan Buruk Suporter Timnas Indonesia di GBK

Bola

Seorang terduga suporter Malaysia harus ditandu oleh medis usai jadi korban kericuhan di dalam stadion pada laga Timnas Indonesia vs Malaysia, Kamis (05/09/19).

INDOSPORT.COM - Kerusuhan yang terjadi pada laga Timnas Indonesia vs Malaysia, Kamis (5/9/19), memakan korban. Dilaporkan terdapat dua pendukung Malaysia yang mengalami cedera. Salah satunya ialah Muhammad Zulraini Helmi yang mengalami patah tangan.

Dalam wawancara khusus bersama media asal Malaysia, Harian Metro, Helmi menceritakan pengalamannya saat hari pertandingan tersebut.

Ia menuturkan sejak pertama kali menginjakan kakinya di Indonesia, atau tepatnya Bandara Soekarno-Hatta, mereka sudah mendapatkan teror dari para pendukung Indonesia yang tidak diketahui datang dari mana.

"Sebenarnya (Itu) berlaku sejak kita semua sampai. Sejak di Bandara Soekarno-Hatta. Sampai pintu masuk Gelora Bung Karno," tutur Helmi.

Helmi mengatakan suasana kian memanas saat mereka sudah datang ke Stadion Gelora Bung Karno. Kala itu, para pendukung Malaysia yang baru sampai langsung dikejutkan dengan hadirnya pendukung Indonesia secara tiba-tiba.

Demi keselamatan, Helmi bersama para pendukung Malaysia lainnya langsung berlari ke dalam bus, dan pintu masuk. Ia tak bisa melupakan momen tersebut di mana botol kaca hingga batu beterbangan di atas kepalanya.

"Setelah parkir (bus), kita turun, kita lihat suporter Indonesia. Tidak tahu datang dari mana, tiba-tiba ada orang keluar banyak, tidak berhenti provokasi."

"Kita udah turun, kita bergerak ke pintu masuk itu berkumpul di situ, dan orang PSSI minta untuk terus masuk. Botol kaca, batu, ada yang batu-batu besar datang (dilempar). Memang itu terjadi. Bukan direkayasa, bukan dibuat, memang itu yang terjadi pada saat itu,"

Dalam kerusuhan tersebut, Helmi menjadi salah satu korban yang mengalami patah tangan kiri saat berusaha menyelamatkan diri ketika suporter Indonesia menyerang. Helmi terjatuh dari tribun penonton.

Selain Helmi, terdapat pula beberapa pendukung Malaysia lainnya yang mengalami cedera akibat terkena lemparan barang dan juga mengalami sesak nafas akibat bom asap.

Laga Timnas Indonesia vs Malaysia di fase Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dimenangkan tim tamu dengan skor 3-2. Gol Malaysia dicetak oleh brace dari Mohamadou Sumareh dan satu gol dari Syafiq Ahmad. Sedangkan dua gol Indonesia melalui Beto Goncalves.

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!