< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

4 Cara Penularan Kutu Rambut yang Perlu Anda Waspadai!

Klikdokter

Agar lebih jelas, dr. Devia menjabarkan beberapa cara penularan kutu rambut yang sebaiknya dihindari, seperti:

1. Menular lewat Bantal

Jika Anda dan penderita tidur di kasur yang sama, bahkan sering bertukar bantal, maka tidak heran bila rambut Anda jadi kutuan. Jadi, jangan sembarang tidur di kasur orang lain atau meminjam bantal yang ia miliki.

2. Berpelukan dengan Penderita

Berpelukan memang bisa jadi sumber penularan kutu rambut. Biasanya, proses ini akan terjadi ketika rambut Anda dan rambut penderita saling berkontak langsung.

Meski kutu rambut tidak terbang, tapi proses perpindahannya sangat cepat. Jadi, waspadalah!

3. Memakai Sisir yang Sama dengan Penderita

Bayangkan, tidur di bantal yang sama saja bisa membuat rambut Anda jadi tertular. Apalagi bila Anda menggunakan sisir yang sama dengan penderita.

Kabar buruknya, tidak hanya induknya saja yang bisa berpindah, tapi telur kutu juga bisa ditularkan ketika Anda menggunakan sisir yang sama. Menjijikan, bukan?

4. Pakai Helm yang Sama dengan Penderita

Bukan hanya sisir yang bisa menularkan kutu rambut, tapi penggunaan helm yang sama dengan penderita juga jadi salah satu penyebabnya.

Kalau Anda ingin meminjam helm orang lain, pastikan Anda menggunakan hair cap sebagai pelindung.

Nah, agar kutu rambut tidak kembali lagi, pastikan Anda selalu menjaga kebersihan rambut setiap hari.

Ingat juga untuk selalu cuci baju, seprai, bantal, dan peralatan rambut seperti sisir, ikat rambut, topi, dan sebagainya secara rutin. Ini guna mencegah kutu datang kembali pada rambut Anda.

Bila ingin konsultasi seputar penyembuhan akibat kutu di tubuh atau keluhan kesehatan lainnya, chat dokter kami via LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!