< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Gempa Berkekuatan 7.5 Guncang Meksiko, Amerika Peringatkan Bahaya Tsunami

Serambi Indonesia

SERAMBINEWS.COM - Gempa berkekuatan 7,5 mengguncang negara bagian selatan Oaxaca, Selasa (23/6/2020) pagi waktu setempat atau menjelang tengah malam Waktu Indonesia Barat (WIB).

Lembaga Seismik menyatakan gempa terjadi pada pukul 10.29 waktu setempat atau pukul 20.30 WIB.

Koordinasi Perlindungan Sipil Nasional mengeluarkan peringatan tsunami setelah gempa bumi.

"Variasi anomali di permukaan laut hingga 4 sentimeter, diperkirakan melebihi tingkat pasang surut," demikian pernyataan Koordinasi Perlindungan Sipil Nasional Meksiko seperti dikutip Serambinews.com dari Anadolu Agency.

Belum ada keterangan resmi terkait kerusakan dan korban dalam peristiwa ini.

Akun Twitter milik media Mexico Reforma melaporkan gempa yang melanda Meksiko selatan dan tengah ini menyebabkan bangunan-bangunan di Mexico City bergoyang dan ribuan lainnya jatuh ke jalan-jalan.

Peringatan tsunami sedang berlaku.

"Itu lebih kuat dari gempa 2017 yang menewaskan lebih dari 360 orang, tetapi tidak ada laporan langsung tentang korban," tulis Reforma.

Kantor berita Prancis, AFP, merilis sebuah gambar satelit RAMMB / NOAA yang diperoleh pada 14:20:22 UTC pada 23 Juni 2020 menunjukkan aktivitas badai di lepas pantai Pasifik Meksiko dan Amerika Tengah.

Pemerintah AS mengeluarkan peringatan tsunami untuk pantai Pasifik Meksiko dan Amerika Tengah dan Selatan 23 Juni 2020 setelah gempa kuat di dekat Oaxaca, Meksiko.

Pusat peringatan Tsunami Pasifik AS mengatakan gelombang berbahaya setinggi tiga meter dapat menyerang di mana saja dalam 1.000 kilometer (600 mil) dari pusat gempa, mulai 1616 GMT.

Pakerja medis dan pasien berada di luar klinik Durango di Mexico City, saat gempa yang menguncang wilayah tengah dan selatan Meksiko, Selasa 23 Juni 2020. Gempa yang terjadi di tengah pandemi coronavirus novel COVID-19, menimbulkan kepanikan di negara tersebut.
Pakerja medis dan pasien berada di luar klinik Durango di Mexico City, saat gempa yang menguncang wilayah tengah dan selatan Meksiko, Selasa 23 Juni 2020. Gempa yang terjadi di tengah pandemi coronavirus novel COVID-19, menimbulkan kepanikan di negara tersebut. (Pedro PARDO / AFP)

Sementara itu, sejumlah video yang merekam peristiwa gempa ini beredar luas di jejarang media sosial Twitter.

Di antaranya diunggah oleh akun @jockey_news.

Satu video memperlihatkan gedung yang goyang karena gempa.

Video lain memperlihatkan orang-orang berhamburan ke luar dari gedung bertingkat yang terguncang.

Ada juga video yang memperlihatkan trotoar yang bergerak-gerak, serta kolam air yang berhamburan dari kolam renang.

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!