< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Tampil Cantik dengan Teknik Baking, Ini Tips Makeup Tanpa Foundation Ala Beauty Blogger Chelshea Flo

Surya-tribun

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Selama pandemi virus Corona atau Covid-19, banyak aktivitas yang dilakukan di rumah, mulai dari belajar, bersekolah, bekerja, rapat dan presentasi juga dilakukan secara daring.

Oleh karena itu, riasan wajah harus tetap diperhatikan. Selain memberi kesan segar, riasan yang cantik akan meningkatkan semangat untuk bekerja.

Tak perlu tebal-tebal, make up yang natural bisa dipilih. Selain anti ribet, waktu yang dibutuhkan juga lebih singkat. Bahkan, tak perlu pakai foundation.

Seperti yang direkomendasikan oleh Chelshea Flo, beauty blogger asal Surabaya.

Ia memilih tidak memakai foundation selama bekerja di rumah. Meski demikian, hasil makeup-nya tetap halus dan cantik. Rahasianya, ia menggunakan teknik baking.

"Teknik baking itu salah satu teknik makeup untuk menghasilkan efek kulit halus dan sempurna. Berhasil atau nggaknya tergantung sama loose powder yang dipakai," katanya kepada SURYA.CO.ID, Selasa (2/6/2020).

Jika loose powder-nya tidak cukup coverage, biasanya hasilnya kurang maksimal. Begitu pun sebaliknya, hasil akhirnya bagus jika loose powder bisa meng-cover secara optimal.

"Selama di rumah aja, saya tetap rajin bikin konten di media sosial. Awalnya pakai foundation atau primer supaya makeup-nya tetap on point," Chelshea mengatakan.

Tapi setelah beberapa kali, lanjutnya, capek juga kalau harus full make up setiap membuat konten. Apalagi hanya di rumah saja, terus setelah beberapa jam riasannya dihapus lagi.

"Kemudian saya coba untuk nggak pakai foundation. Hanya fokus ke bagian mata. Tapi, kulit malah terlihat kusam. Area bawah mata kelihatan gelap," ia mengatakan.

Akhirnya, ia mengakalinya dengan menggunakan teknik baking. Menurutnya, teknik ini membuat riasannya minimalis. Selain itu juga gampang diaplikasikan.

"Caranya mudah, pertama aplikasikan concealer terlebih dahulu di area bawah mata, tulang hidung, dan dahi, bisa juga dagu. Kemudian ratakan," katanya.

Setelah itu, aplikasikan loose powder dan tepuk-tepuk halus pada area bawah mata dan t-zone menggunakan spons.

"Terutama pada bagian bawah mata karena area tersebut biasanya lebih gelap daripada area yang lain," imbuh Chelshea.

Setelah itu, diamkan kurang lebih selama lima menit sebelum loose powder diratakan agar terlihat natural.

Kunci makeup dengan mengaplikasikan loose powder kembali menggunakan brush yang besar ke seluruh wajah.

"Hasilnya sangat mendekati make up yang pakai foundation. Kulit kelihatan cerah dan halus banget. Nggak berminyak meski dipakai beberapa jam," katanya.

Agar hasilnya natural, warna bedak harus disesuaikan dengan tone kulit. Untuk hal ini, Chelshea juga memberi tips.

"Kalau saya biasanya cek dulu jenis kulit termasuk warm atau cool tone, bisa dicek lewat warna nadi di pergelangan tangan," kata Chelshea.

Jika biru, ungkapnya, berarti cool tone. Sementara hijau berarti warna tone. Setelah itu baru sesuaikan dengan warna bedak.

"Coba tester bedaknya di bagian dalam tangan, pada area yang lebih putih, sesuaikan dengan warna kulit itu," urainya.

Tapi kalau membeli secara online, Chelshea biasanya pilih satu warna lebih terang dari tone asli.

"Kecuali kalau untuk shading ya, baru cari warna satu tone di bawah warna asli kulit," tandasnya.

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!