< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Bukti Foto Jokowi tak Paham Tata Cara Salat? Ini Faktanya

Medcom.id
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial
Tangkapan layar informasi palsu di media sosial

[Fakta atau Hoaks]

Beredar sebuah foto memperlihatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang salat. Dinarasikan foto itu merupakan bukti Jokowi tidak memahami tata cara salat dilihat dari sisi tangan saat posisi berdiri.
 
Adalah akun facebook M Irvan Hidayat yang turut mengunggah foto tersebut di media sosial. Berikut narasi selengkapnya:
 
"Dr kecil sampai dewasa jokowi td pernah belajar ngaji dan cara tata salat,yg percya jokowi islam org itu sdh murtad ada yg bntah.....?," tulis akun M Irvan Hidayat, Kamis 28 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


 
Unggahan ini ramai direspons warganet. Terdiri dari 134 emotikon, 206 komentar dan 88 kali dibagikan.
[Cek Fakta] Bukti Foto Jokowi tak Paham Tata Cara Salat? Ini Faktanya

 

Penelusuran:
Dari penelusuran kami, klaim bahwa Jokowi tidak memahami tata cara salat dilihat dari sisi tangan saat posisi berdiri, adalah salah. Faktanya, foto itu kabar bohong lama yang kembali muncul di tengah masyarakat.
 
Merujuk situs cek fakta Turnbackhoax.id, foto ini juga beredar pada Maret 2019. Kala itu, posisi tangan Jokowi saat berdiri juga dipermasalahkan.
 
"Foto yang dibagikan oleh SUMBER adalah hasil suntingan (dibalik), foto asli adalah yang dipublikasi di tahun 2016," tulis turnbackhoax.id dalam laporannya pada Rabu 27 Maret 2019.
 

[Cek Fakta] Bukti Foto Jokowi tak Paham Tata Cara Salat? Ini Faktanya

 

Dilansir Tribunnews.com, sebenarnya foto itu memperlihatkan suasana Jokowi saat menghadiri aksi damai di Monumen Nasional (Monas) pada Jumat 2 Desember 2016 atau yang dikenal aksi 212. Dalam kesempatan itu, Jokowi tampak melakukan salat.
 

[Cek Fakta] Bukti Foto Jokowi tak Paham Tata Cara Salat? Ini Faktanya

 

Kesimpulan:
Klaim bahwa Jokowi tidak memahami tata cara salat dilihat dari sisi tangan saat posisi berdiri, adalah salah. Faktanya, foto itu kabar bohong lama yang kembali muncul di tengah masyarakat.
 
Informasi ini masuk kategori hoaks jenis manipulated content (konten manipulasi). Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.
 

Referensi:
1.https://turnbackhoax.id/2019/03/27/salah-lengan-kanan-dekap-lengan-kiri/
2.https://solo.tribunnews.com/2016/12/02/foto-foto-presiden-jokowi-di-aksi-damai-212-bikin-haru-senyum-lebar-hingga-usahanya-naik-panggung
 

*Jika Anda menemukan informasi terindikasi hoaks dan memiliki sanggahan terhadap hasil pemeriksaan fakta dapat melaporkan kepada kami melalui surel cekfakta@medcom.id

 

 

(DHI)
LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!

Komentar Teratas

Kunjungi app