< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Perpanjang Lockdown Manila dan Cebu, Duterte Tak Ingin Terjadi Gelombang Wabah Covid-19 Lanjutan

Jitunews

- Pemerintah Filipina pada Selasa (12/5) mengumumkan bahwa mereka akan memperpanjang kebijakan lockdown di Manila hingga bulan Juni mendatang, untuk menekan laju penyebaran kasus Covid-19.

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte menyebut perpanjangan kebijakan lockdown ini hanya diberlakukan di dua kota saja, yakni Manila dan Cebu.

Artinya, Manila yang telah melaporkan setidaknya 2/3 dari jumlah total kasus di Filipina dan angka kematian yang mencapai 72% dari total angka kematian akibat Covid-19 di Filipina, akan di-lockdown selama 11 minggu, atau sekitar 80 hari, lebih lama dari kota Wuhan yang hanya 76 hari.

AS Tuduh Hacker China Berencana Curi Data Riset Pengembangan Vaksin Covid-19

"Kebijakan lockdown telah memberikan dampak yang besar pada kasus Covid-19, namun juga membawa dampak ke sektor ekonomi," kata Harry Roque, jubir Presiden Duterte, dikutip dari Reuters pada Selasa (12/5).

Kendati demikian, Pemerintah masih mengijinkan sejumlah aktifitas ekonomi kebutuhan mendasar sepeti perdagangan bahan pokok dan melonggarkan pembatasan sosial di beberapa kawasan lain Filipina yang memiliki potensi penyebaran Covid-19 yang rendah. Hal itu dilakukan untuk mengurangi dampak ekonomi dan mencegah terjadinya resesi akibat turunnya daya beli dan konsumsi masyarakat.

"Perlu diingat, kelonggaran pembatasan sosial bukan berarti wabah Covid-19 telah hilang," ujar Duterte.

"Kita tidak ingin gelombang kedua atau ketiga wabah Covid-19 terjadi," imbuhnya.

Filipina sendiri sejauh ini telah melaporkan sedikitnya 11 ribu kasus positif Covid-19 dari 158 ribu warga yang telah melakukan pemeriksaan, dengan 726 jumlah kematian.

Longgarkan Lockdown, Inggris Segera Keluarkan Detail Protokol Keamanan Tempat Usaha

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!