< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Masak Praktis Pakai Rice Cooker, Ada Sup hingga Nasi Ayam KFC

Cinta

TEMPO.CO, Jakarta - Repot masak selama social distancing di rumah saja? Ada cara masak praktis menggunakan rice cooker atau penanak nasi apabila kompor tak bisa gunakan. Jadi, Anda tak perlu sering-sering ke luar rumah untuk beli makanan. 

Anda bisa membuat sup ayam, bubur Manado, hingga makaroni keju menggunakan rice cooker. Berikut lima makanan yang bisa Anda coba.

1. Sup ayam

Ilustrasi sup ayam. Shutterstock

Siapkan bumbu-bumbu dan sayuran yang sudah dipotong-potong. Nyalakan penanak nasi dan tuang sedikit minyak. Masukkan bumbu, air, ayam, dan sayuran yang Anda pilih, tunggu hingga sup matang.

2. Bubur Manado

Hidangan yang juga disebut tinutuan ini bisa dibuat dengan penanak nasi. Siapkan bahan bubur Manado yaitu beras, potongan jagung, labu kuning, kemangi, kangkung, daun bawang, serai dan daun salam.

Pertama, masukkan beras dan sayuran serta air ke dalam penanak nasi, masak hingga berasnya menjadi setengah bubur. Kemudian tumis bawang putih dengan lada dan bumbu kaldu, masukkan ke dalam bubur setengah matang. Masak hingga matang, tambahkan dengan ikan asin dan sambal sebagai pelengkap.

3. Nasi + ayam bumbu

Penanak nasi juga bisa dimanfaatkan untuk membuat resep viral dari Jepang, memasak nasi dengan ayam KFC. Anda bisa menggantinya dengan ayam dari tempat lain, selama ayam itu berbumbu.

Siapkan beras dan air seperti biasa, lalu masukkan ayam di dalam penanak nasi berbarengan dengan beras. Tunggu hingga matang. Bila ingin lebih gurih, tambahkan kecap asin dan kaldu ayam serta bawang putih sebelum menyalakan penanak nasi.

Ketika nasi matang, suwir daging ayam dan campurlah dengan nasi yang sudah berbumbu.

4. Omelet

Ilustrasi omelet (Pixabay.com)

Telur mata sapi hingga omelet dapat dimasak dengan mudah dengan penanak nasi. Panaskan mentega atau minyak di penanak nasi yang telah panas, lalu masak telur sesuai selera.

5. Makaroni dan keju

Ilustrasi makaroni keju (pixabay.com)

Masakan praktis ini hanya membutuhkan makaroni yang sudah direbus dengan kaldu ayam dan sedikit garam, tambahkan susu dan parutan keju.

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!