< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Kebiasaan yang Mudah Dilakukan Ini Bisa Menguatkan Kekebalan Tubuhmu! Sudah Melakukannya?

Bobo
Tidur yang cukup dan berkualitas membantu menguatkan sistem imun

Tidur yang cukup dan berkualitas membantu menguatkan sistem imun

Bobo.id – Saat ini, pemerintah memberikan imbauan pada penduduk Indonesia untuk beraktivitas di rumah, teman-teman. Sebabnya, kita sedang bersama-sama menghindari penularan virus penyebab penyakit COVID-19.

Meski beraktivitas di rumah bisa menurunkan risiko seseorang tertular penyakit COVID-19, kita tetap harus menjaga daya tahan tubuh, nih.

Kira-kira apa saja kebiasaan yang bisa kita lakukan untuk memperkuat daya tahan tubuh, ya?

Menjaga Pikiran Tidak Stres

Saat ini, mungkin banyak orang sedang khawatir, sehingga menyebabkan stres.

Namun, perlu diketahui bahwa stres bisa memengaruhi ketahanan sistem imun.

Stres berkepanjangan bisa menyebabkan naiknya kadar hormon kortisol. Hormon kortisol baik untuk mencegah sistem imun merespon sebelum masa stres selesai.

Tapi, apabila kadar hormon kortisol terlalu tinggi, maka bisa menghambat sistem imun untuk melakukan tugasnya dalam melindungi tubuh dari virus dan bakteri, serta benda asing lainnya.

Karenanya, meski beraktivitas di rumah, sebisa mungkin tetap lakukan hal yang membuat pikiran dan hati tenang dan senang, ya. Misalnya berolahraga, melakukan hobi, atau bermain bersama orang tua dan saudara di rumah.

Menu Makanan yang Sehat

Salah satu hal yang paling penting dilakukan untuk menjaga sistem imun tetap kuat adalah makanan, teman-teman.

Makanan ini tentunya yang bisa memberikan gizi seimbang, ya, teman-teman, terutama nutrisi dari makanan yang berasal dari tumbuhan, seperti buah, sayur, dan bumbu-bumbu.

Menurut Dr. Yufang Lin dari Cleveland Clinic, banyak makanan dari tumbuhan yang mengandung senyawa antivirus dan antibakteri, sehingga baik untuk melawan infeksi.

Vitamin dan mineral juga penting, teman-teman. Vitamin dan mineral juga bisa kita dapatkan dari buah dan sayur.

Selain itu, protein juga penting bagi sistem imun, baik protein nabati maupun protein hewani.

Tidak Tidur Terlalu Larut Malam

Tidur terlalu larut malam bisa menganggu kualitas tidur kita, teman-teman.

Meski beraktivitas di rumah untuk sementara waktu, sebaiknya jangan bedagang dan tetap tidur dan bangun di waktu yang rutin, ya.

Saat tidur, tubuh kita mengatur ulang banyak hal, termasuk penyembuhan dan regenerasi sel.

Bahkan, waktu tidur, tubuh memproduksi dan mendistribusikan sel-sel imun yang kita butuhkan untuk melawan penyakit.

Jika waktu tidur kurang, sistem imun akan kekurangan sel itu, sehingga lebih sulit untuk membantu tubuh melawan penyakit dan jadi lebih mudah sakit.

Sehingga jika ingin punya sistem imun yang sehat, maka tidur dengan cukup dan berkualitas sangat penting.

Tetap Berolahraga

Jangan jadikan aktivitas di rumah sebagai alasan untuk tidak berolahraga, ya. Justru, kita harus rutin berolahraga karena aktivitas fisik mungkin berkurang.

BIsa jadi, biasanya teman-teman sering berjalan atau berlari saat hari masuk sekolah, sementara saat di rumah lebih sering bersantai dan malas-malasan.

Cobalah untuk berolahraga yang rutin dan bisa dilakukan, misalnya yoga, atau bermain permainan ketangkasan yang membuat kita bergerak.

Olahraga bisa membantu tubuh melepaskan hormon endorphin, yaitu hormon yang membantu mengurangi rasa sakit dan bisa menciptakan rasa puas, sehingga bisa menghindari stres.

Teman-teman selalu ingat untuk menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan dan setelah menggunakan toilet, ya.

Yuk, sama-sama kita lawan virus penyebab penyakit COVID-19 dengan tetap berada di rumah dan tidak berkumpul, menjaga jarak fisik, dan menjaga kesehatan tubuh serta kesehatan mental diri!

-----

Teman-teman, kalau ingin tahu lebih banyak tentang sains, dongeng fantasi, cerita misteri, dunia satwa dan  komik yang kocak, langsung saja berlangganan majalah Bobo, Mombi SD, NG Kids  dan Album Donal Bebek. Tinggal klik di https://www.gridstore.id

Lihat video ini juga, yuk!

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!