< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

11 Makanan Sehat bagi Otak, Meningkatkan Kecerdasan

Tribrata

Bola.com, Jakarta - Meski tidak ada cara khusus yang dapat meningkatkan kecerdasan sesorang dan menjadikannya jenius, ada beberapa cara sederhana untuk melakukannya, seperti rutin berolahraga, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, dan juga banyak mengonsumsi sehat.

Otak encer alias kecerdasan seseorang dengan makanan yang dikonsumsi memiliki kaitan. Ada jenis-jenis makanan tertentu yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan kecerdasan Anda.

Seperti halnya badan, otak kita juga perlu makanan sehat untuk mendorongnya bekerja secara maksimal. Namun, berbeda dengan badan kita, otak tidak dapat menerima setiap makanan yang kita konsumsi.

Terkadang orang mengalami hilang fokus saat melakukan kegiatan sehari-hari mereka, hal tersebut bisa jadi dikarenakan kurangnya mengonsumsi makanan yang tepat dan sehat bagi otak.

Sulit berkonsentrasi juga menjadi satu di antara efek samping tidak adanya asupan makanan sehat yang masuk ke otak anda. 

Asupan makanan yang penuh dengan gizi dan nutrisi dapat membantu kerja otak anda lebih maksimal dan mempertajam kinerjanya.

Semisal, mengonsumsi terlalu banyak alkohol dan nikotin menyebabkan sistem kerja otak menjadi terganggu dan dapat menimbulkan kerusakan saraf yang fatal.

Tanpa perlu panjang lebar, berikut Bola.com merangkum dari dailyentertainment, 11 sehat bagi otak, yang dapat membuat Anda lebih cerdas, Sabtu (28/3/2020).

Kacang Kenari

Kacang Kenari

Kacang kenari. (Via: brahmakumarischandigrh.com)

Anda tidak perlu makan sekantong kenari untuk melihat manfaatnya. Nikmati secukupnya saja. Kacang kenari mengandung asam lemak omega-3 yang meningkatkan otak, dan bahkan mungkin dapat membalikkan beberapa kerusakan kognitif yang telah dilakukan.

Segenggam kenari kecil setiap hari atau lebih mungkin itulah yang Anda butuhkan untuk menikmati manfaat yang ditawarkan kacang ini.

Bit

Manfaat Buah Bit

Manfaat Buah Bit (Sumber: iStockphoto)

Jenis makanan yang satu ini mungkin bukan sesuatu yang sering ada dalam menu sehari-hari, tetapi menambahkan bit ke makanan diet Anda sesekali baik untuk menjaga kesehatan otak.

Bit mengandung vitamin B yang penting untuk membantu otak bekerja secara optimal, dan jaga membantu sistem kerja saraf. Vitamin B dapat membantu meningkatkan daya ingat, dan bahkan dapat berfungsi sebagai antidepresan alami bagi banyak orang.

Pilih daging buah bit yang segar dan sebisa mungkin menghindari membeli bit yang telah tercemar bahan kimia.

Telur

Telur memang sering dikatakan sebagai sumber makanan yang dapat menambah kolesterol pada tubuh. Namun, mengonsumsi telur juga dapat memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh anda. 

Faktanya adalah otak secara praktis terbuat dari kolesterol, menunjukkan betapa pentingnya Anda mendapatkan sedikit kolesterol dari makanan yang Anda konsumsi. 

Telur mengandung asam lemak omega-3 dan dianggap oleh beberapa orang menjadi makanan ideal bagi otak.

Kopi

Kopi adalah satu di antara minuman yang sering diperbincangkan dan minum oleh kebanyakan orang. Kopi memiliki kadar kafein, namun faktanya, otak Anda juga membutuhkan kafein untuk membantu kinerjanya menjadi lebih maksimal.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jumlah kafein yang ditemukan dalam secangkir kopi memiliki kadar kafein sekitar 80 miligram, dan hal tersebut cukup untuk meningkatkan fungsi otak, termasuk memori jangka pendek dan jangka panjang.

Kopi mungkin juga sangat bermanfaat bagi orang tua yang berisiko lebih tinggi untuk memliki masalah kognitif pada otak.

Beri

Ilustrasi Beri

Buah yang masuk dalam keluarga berry, seperti blueberry, stroberi, dan ceri banyak mengandung anthocyanin. Anthocyanin adalah senyawa yang membantu melambatkan proses penuaan, melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker. (Istimewa)

Buah dalam keluarga beri ini punya manfaat pada otak dan digemari hampir semua kalangan. Blueberi dan raspberi mengandung anthocyanin, yang membantu melindungi neuron yang terkait dengan memori.

Stroberi mengandung fisetin, senyawa yang juga dikaitkan dengan peningkatan fungsi memori.

Satu studi penelitian medis menemukan bahwa makan secangkir blueberi per hari dalam beberapa bulan, dapat meningkatkan daya ingat.

Cabai

Cabai mengandung capsaicin, yakni zat aktif yang menimbulkan rasa pedas dan panas, yang diketahui memiliki efek menguntungkan pada otak.

Otak memiliki banyak reseptor untuk capsaicin, dan ketika otak mendapat asupan ini, sangat berguna untuk menenangkan saraf dan meningkatkan kemampuan untuk fokus.

Kubis Brussel

Kubis Brussel

Kubis Brussel | unsplash.com/@keenanloo

Sayuran satu ini pantas mendapatkan kredit atas manfaatnya bagi kesehatan kita. Kubis Brussel mengandung bahan-bahan yang dikonversi oleh tubuh menjadi sesuatu yang disebut diindolymethane, senyawa yang sangat membantu sistem kekebalan tubuh dalam upayanya melindungi sel-sel otak baru.

Kale

Sayuran yang Paling Sehat

Kale / Sumber: iStockphoto

Kale disebut-sebut sebagai makanan yang dapat memperlambat penuaan otak, dan penelitian terhadap lebih dari 13.000 wanita yang dilakukan oleh Harvard Medical School, menyimpulkan bahwa makan kale dapat menurunkan usia otak hingga satu atau dua tahun.

Bagi mereka yang suka berkebun, kale mudah dibudidayakan atau ditanam karena mudah tumbuh di mana saja.

Biji Rami

Biji Rami

Biji Rami. | via: thechalkboardmag.com

Depresi telah menjadi masalah besar bagi jutaan orang dalam beberapa dekade terakhir, dan meski ilmu kedokteran mungkin tidak memiliki banyak ide tentang mengapa demikian, sebagian besar dokter lebih dari bersedia untuk meresepkan obat antidepresan yang kuat untuk hampir semua pasien mereka.

Makan biji rami mungkin tidak akan membawa seseorang keluar dari depresi serius, tetapi sebagai bagian dari diet sehat, biji rami mungkin bisa membantu melawan depresi tersebut.

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam biji rami juga dapat membantu masalah otak lainnya seperti ingatan, dan kemampuan untuk fokus.

Minyak Kelapa

Minyak yang sedang naik ini mengandung trigliserida rantai-menengah atau MCT, yang telah terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan otak. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat bermanfaat bagi pasien Alzheimer dengan meningkatkan daya ingat mereka secara cepat.

Meskipun kata "minyak" sering membuat orang berpikir tentang makanan yang cenderung menyebabkan kenaikan berat badan, yang terjadi adalah sebaliknya. MCT yang ditemukan dalam minyak kelapa sebenarnya membantu mengurangi lemak perut.

Basil

Daun Basil

Daun basil dan oregano. (Via: ramboproducts.com)

Jenis tanaman yang satu ini mungkin bukan sesuatu yang sering anda dengar dan lihat, tetapi telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda sejak lama.

Secangkir teh basil kudus dapat membantu meningkatkan fungsi otak dengan meningkatkan aliran darah, yang dapat bermanfaat bagi suasana hati dan memori. Bukti lain menunjukkan bahwa ramuan ini juga membantu mengurangi stres.

Sumber: Daily Entertainment

Lanjutkan Membaca ↓

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!