< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Ingin Berhenti Merokok? Gak Susah Kok, Ikuti Tips Ini Aja!

Finansialku

Ingin memulai gaya hidup baru dengan berhenti merokok? Yukk ikuti tips berikut ini agar usahamu untuk berhenti bisa berhasil!

Simak artikel berikut sampai selesai, dan jadilah orang yang bebas dari merokok!

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

Tips Berhenti Merokok

Rokok tentu banyak memberi dampak negatif bagi penggunanya, baik itu dalam hal kesehatan maupun untuk urusan keuangan.

Namun sayangnya, banyak diantara perokok yang ingin berhenti namun merasa kesusahan. Apakah kamu salah satu diantaranya?

Karena itu, Finansialku kali ini akan memberikan tips yang tepat untuk kamu bebas dari merokok.

#1 Minta Orang Disekitar Kamu untuk MengingatkanUntuk merubah sebuah kebiasaan lama tentu bukanlah perkara yang mudah, untuk itu terkadang kita membutuhkan peran dari orang-orang disekitar kita, khususnya untuk selalu mengingatkan.

Karena itu, saat kamu sudah bertekat untuk berhenti merokok maka sebaiknya beri tahu orang disekitarmu, dan mintalah mereka untuk selalu mengingatkanmu.

Selain itu, kamu juga bisa lebih banyak menghabiskan waktu luangmu dengan melakukan kegiatan yang menarik dan bermanfaat bersama mereka, agar kamu tidak kepikiran untuk kembali merokok. Biasanya disaat kita sedang sendirilah kebiasaan yang seperti itu “menggoda” kita.

#2 Jangan Sampai StresBanyak orang yang merokok dengan alasan untuk menghilangkan rasa stres yang ia alami, baik itu karena masalah pekerjaan hingga stres karena masalah dalam keluarga.

Untuk itu sebaiknya kamu bisa mengelola stres tersebut dengan benar, tanpa harus menggunakan rokok sebagai penenang.

Ingin Berhenti Merokok Gak Susah, Ikuti Tips Ini 02

Saat rasa stress muncul, sangat disarankan untuk kamu melakukan beberapa kegiatan seperti yoga, mendengar musik, atau mintalah seseorang untuk memijatmu. Jika masih belum merasa baikan, kamu bisa coba mengunjungi tempat wisata ataupun tempat hiburan agar bisa merasa lebih santai.

#3 Ketahui Apa yang Menjadi Pemicu Kamu MerokokKamu juga perlu melakukan evaluasi dan mencari tau apa saja hal yang membuat kamu terpicu untuk merokok. Hal itu bisa saja seperti minum kopi, minum minuman keras atau mungkin karena sering berkumpul dengan perokok lainnya.

Nah… jika sudah mengetahui apa pemicunya, maka sebisa mungkin Anda menghindari hal-hal tersebut.

Selain itu, ketahui juga kapan dan disaat seperti apa kamu biasanya akan merokok. Jika selama ini kamu sering merokok selesai makan atau saat bersantai didepan televisi, maka cobalah menggantinya dengan mengunyah permen karet atau mencari cemilan.

#4 Mulailah BerolahragaSelain menjadikan tubuh semakin sehat dan kuat, berolahraga terbukti mampu membuat seseorang lepas dari gaya hidup yang kurang sehat, seperti halnya merokok.

Dengan berolahraga, maka hasrat kamu untuk mengonsumsi nikotin akan semakin berkurang.

Ingin Berhenti Merokok Gak Susah, Ikuti Tips Ini 03

Ingin lebih semangat saat berolahraga?

Kamu bisa mengajak pasanganmu untuk berolahraga bersama-sama, atau setidaknya mulailah bangun hubungan yang lebih baik dengan orang-orang yang senang berolahraga, dengan demikian mereka akan menularkan gaya hidup yang sehat padamu.

#5 Mulai Pola Makan yang SehatPerokok umumnya memiliki selera makan yang rendah, sebab kandungan nikotin juga memberi dampak buruk pada indera perasa.

Jika selama ini kamu merasa memiliki pola makan yang buruk, maka ubahlah pola makan tersebut, sehingga kamu juga semakin mampu berhenti merokok.

Pola makan yang baik tentu akan berdampak baik juga bagi kesehatanmu, sebab akan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

#6 Nicotine-Replacement Therapy (NRP)Metode ini juga dikenal dengan Terapi Penggantian Nikotin, yang mana bertujuan untuk membantu mereka yang ingin berhenti merokok dari rasa frustasi akibat tidak menerima asupan nikotin seperti biasanya.

Sebab ada banyak yang akhirnya gagal berhenti merokok karena rasa frustasi ini.

Media yang digunakan untuk terapi ini cukup beragam, mulai dari permen karet hingga plester yang ditempelkan pada kulit.

Dan tentu saja, unsur nikotin yang digunakan tidak mengandung bahan kimia berbahaya serta karbon monoksida dan tar seperti yang ada pada rokok.

Dengan begitu, saat tubuhmu kembali gelisah karena tidak mendapat asupan nikotin, maka prosedur yang satu ini mampu menghlangkan hasrat tersebut. Apakah cara ini aman?

Yapss tentu saja, sebab yang melakukan tindakan untuk metode ini pastinya bukan orang sembarangan, dan telah ahli dibidangnya.

#7 Pikirkan Keuntungan dari Tida MerokokSebaga manusia, tentu kita cenderung untuk melakukan hal yang menguntungkan. Nah metode ini juga bisa kamu terapkan untuk berhenti dari rokok.

Kamu bisa mulai memikirkan keuntungan-keuntungan yang akan kamu dapat jika kamu berhenti dari kebiasaan merokok.

Ingin Berhenti Merokok Gak Susah, Ikuti Tips Ini 04

Keuntungan tersebut bisa dalam hal kesehatan, yang mana tentunya kamu akan menjadi lebih sehat jika tidak merokok. Atau bisa juga dengan memikirkan keuntungan dalam hal keuangan.

Pikirkan saja, sudah berapa uang yang kamu “bakar” hanya karena merokok, dan bayangkan jika seandainya uang itu telah kamu tabung dan digunakan untuk hal yang lebih berharga.

Kamu Pasti BISA!!!

Satu hal terpenting agar bisa berhenti merokok ialah tanamkanlah dalam benakmu bahwa kamu pasti BISA berhenti dari merokok.

Sebab jika tidak begitu, maka kamu akan lebih mudah mengeluh dan kemudian gagal lagi.

Nah… apakah artikel ini bermanfaat bagimu? Jika ya, maka jangan lupa membagikannya dengan teman atau kerabat yang hingga saat ini masih merokok agar mereka juga bisa bebas dari kebiasaan buruk ini.

Yuk baca artikel kesehatan lainnya lewat aplikasi Finansialku, yang bisa kamu download di Google Play dan App Store! 

Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan.

Sumber Referensi:

  • Billy Adytya. 28 November 2019. 8 Cara Berhenti Merokok Ampuh dan Permanen. Merdeka.com – https://bit.ly/3cTy3Vb
  • Kevin Adrian. 08 September 2018. 13 Cara Berhenti Merokok. Alodokter.com – https://bit.ly/3aX5PHd

Sumber Gambar:

  • Merokok 01 – https://bit.ly/2WO9cNc
  • Merokok 02 – https://bit.ly/2vVL4wY
  • Merokok 03 – https://bit.ly/3byyuTh
  • Merokok 04 – https://bit.ly/33T7lbo
LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!