< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Berapa Lama Daging Dapat Bertahan Dalam Freezer?

Femina

Dok. Shutterstock

Merebaknya virus corona atau COVID-19 di seluruh dunia mengharuskan kita untuk tetap berada di rumah selama beberapa minggu ke depan demi memutus penyebarannya.
 
Karena itu, kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapi situasi ini, termasuk dengan menyimpan makanan dan minuman di rumah dalam jumlah yang sedikit lebih banyak dari biasanya.  
 
Menyetok camilan serta makanan instan lainnya tidak jadi masalah, karena sejenis ini bisa bertahan dalam waktu yang lama. Namun bagaimana dengan bahan pangan seperti ayam, ikan, dan daging?
 
1. Daging sapi atau kambing
Daging sapi dan kambing segar dapat bertahan di dalam freezer selama beberapa bulan, namun tergantung pada jenis dagingnya. Daging sapi mentah dalam bentuk potongan besar dapat bertahan selama kurang lebih 12 bulan di dalam freezer. Daging yang telah dipotong kecil (chops) hanya dapat bertahan empat hingga enam bulan. Untuk daging cincang, baik itu daging sapi atau kambing, sebaiknya jangan disimpan lebih dari tiga bulan. Ini juga berlaku untuk daging hamburger.
 
2. Ayam
Anda dapat menyimpan ayam utuh selama hampir satu tahun. Namun, jika menyimpannya dalam bentuk potongan, maka ayam bisa disimpang hingga sembilan bulan. Jeroannya hanya dapat bertahan selama tiga hingga empat bulan.
 
3. Ikan dan seafood
Ada yang perlu diperhatikan saat menyimpan ikan atau seafood.  Pertama, Anda harus tahu apakah ikan yang akan Anda simpan adalah tipe ikan berlemak atau tidak. Ikan berlemak seperti lele, salmon, ikan mas, dan patin dapat bertahan hingga tiga bulan dalam freezer. Sementara ikan dengan lemak yang lebih rendah seperti tuna dapat bertahan sedikit lebih lama, yakni hingga enam bulan.
 
Makanan laut lainnya seperti udang, cumi, dan kerang dapat bertahan tiga hingga enam bulan di dalam freezer.
 
4. Daging yang telah dimasak
Ketika tidak ingin repot, adakalanya kita menyimpan daging yang sudah dimasak menjadi rendang atau sajian lainnya dalam freezer. Menurut FDA, ayam, ika, serta makanan laut yang telah dimasak dapat disimpan di freezer selama empat hingga enam bulan. Sedangkan daging lainnya, seperti daging sapi dan kambing tidak boleh disimpan lebih dari dua bulan.

Tamara Amalia Ginting


LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!