Mengisolasi diri atau yang diketahui sebagai social distancing kini menjadi praktik yang diimbau oleh Pemerintah Indonesia untuk menekan angka penularan COVID-19 atau virus Corona.

Baik yang bekerja dari rumah atau sekadar mengkarantina diri sembari menunggu keadaan stabil dan membaik, keadaan di rumah bisa berubah membosankan. Di waktu yang cukup lengang, Anda mungkin berpikir untuk mulai menata ulang apartemen agar terkesan lebih segar.


Namun sebelum Anda mulai proses menata, CASA Indonesia akan memberikan rangkaian tips dan trik yang bisa Anda praktikkan sebelum memutuskan untuk menata apartemen Anda.

1. Pastikan fungsi masing-masing ruangan

Davin Sujana

Apartemen studio dengan konsep terbuka mungkin terkesan lowong. Namun kadang tidak adanya batasan yang jelas dari masing-masing ruangan dan membuat interior terlihat berantakan.

Baca juga: Nyaman! Desain Apartemen 2 BR Berkonsep Scandinavian

Mulai tentukan lagi masing-masing area di apartemen dan kegunaannya. Penentuan masing-masing area tersebut tidak harus diberikan partisi. Setidaknya alur Anda dalam beraktivitas di apartemen bisa lebih lancar dan efektif.

2. Pilih lemari penyimpanan vertikal

Ikea / Apartment Therapy

Ketika Anda mulai berpikir cara memaksimalkan ruang di dalam apartemen, Anda juga harus mulai memikirkan bentuk lemari penyimpanan Anda. Tinggi dan ramping adalah lemari penyimpanan yang paling sesuai untuk membuat apartemen terkesan luas.


3. Pikirkan lagi sudut-sudut yang kurang efektif

Nexera Next Wall Shelf

Lihat sekeliling apartemen Anda, apakah masih ada sudut-sudut yang kurang efektif? Microwave yang sudah tidak dipakai lagi, atau barang-barang yang tidak pada tempatnya, Anda bisa berkreasi untuk membuat sudut-sudut tersebut efektif.

Baca juga: Desain Apartment Kekinian yang Buat WFH Jadi Nyaman

Untuk membuat sudut lebih efektif, Anda bisa menggunakan kabinet melayang untuk memaksimalkan sisi bagian atas ruangan yang sebelumnya tidak terpakai. Atau jika tidak, sudut yang dibiarkan lowong juga dapat memberi kesan luas dan lapang.

4. Buang benda-benda yang tidak penting

The Container Store

Tinggal cukup lama di satu apartemen tentu membuat Anda sering menimbun barang. Mungkin di momen-momen kerja di rumah ini Anda bisa mulai merapikan barang-barang tersebut.

Mengutip penata profesional, Linda Rothschild, Anda bisa mulai menetapkan deadline, lalu mulai merapikan dari area-area yang paling berantakan.

Teaser: Apartment Therapy