< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Anak Sering di Rumah, Yuk Buat Minuman Kesehatan untuk si Buah Hati

Tribun Batam

BATAM,TRIBUNBATAM.id - Peran orang tua penting dalam memberi dukungan kepada anak-anaknya, terlebih ketika mereka memiliki seabrek Pekerjaan Rumah (PR) untuk dikerjakan selama masa libur.

Selain dukungan moral, juga dibutuhkan dukungan asupan yang baik untuk anak selama masa self-quarantine.

Selama 14 hari diliburkan dengan jumlah PR yang tidak sedikit, tentu akan membuat anak jenuh serta bosan terlebih lagi kondisi saat ini mengharuskan mereka untuk tetap didalam rumah.

Untuk mendukung kegiatan anak selama di rumah, tidak ada salahnya meracik minuman sehat untuk dikonsumsi oleh anak selama masa libur sekolah.

Hal ini yang dijalankan oleh seorang ibu di Kota Batam, Provinsi Kepri, Atik.

Tujuan Atik mengajak anaknya ikut meracik minuman sehat tersebut agar sebagai pengetahuan baru bagi anaknya tentang alternatif yang dapat dikonsumsi selama masa self-quarantine ini.

"Kadang saat anak saya sedang lelah mengerjakan tugas sekolahnya, saya suka mengajak dia untuk ikut ke dapur membantu saya membuat minuman sehat yang terbuat dari bahan-bahan alami. Selain menambah pengetahuan dia, tujuannya untuk membentuk daya tahan tubuh dia juga," ujarnya, Selasa (24/3/2020).

Minuman sehat ini berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh sekaligus dapat menghangatkan badan sehingga membuat badan lebih relax dalam menjalankan kegiatan selama dirumah.

"Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman sehat ini merupakan bahan-bahan alami yang gampang ditemui di pasar dan sering ada didapur kita", ucapnya.

Bahan-bahan tersebut ialah jahe, serai, daun sirih dan gula jawa.

Sebelum masuk ke langkah pembuatannya, pastikan peralatan memasak anda bersih dan juga cuci semua bahan-bahan yang dibutuhkan.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

1. Masukkan 1,5 liter air kedalam panci rebusan, tunggu hingga mendidih

2. Sambil menunggu air mendidih, iris 5 cm jahe yang sudah dikupas, lalu dilanjutkan mengiris 2 buah serai yang sudah dibersihkan.

3. Setelah air mendidih, masukkan jahe dan serai yang telah di iris tadi kedalam air. Kemudian dilanjutkan dengan memasukkan 3 lembar daun sirih dan juga 2 buah gula jawa berukuran sedang.

4. Masak selama 5 menit hingga gula jawa larut bersama air dan juga bahan-bahan lain.

5.kemudian saring semua bahan tersebut hingga menjadi 1 minuman.

Minuman ini di konsumsi selagi hangat, dan baik diminum langsung dan jangan disimpan untuk esok hari. 1 kali pemasakan, hanya untuk sekali diminum dalam sehari.

Untuk anak-anak, Atik menyarankan untuk tidak menggunakan daun sirih. Jahe, serai, dan gula jawa sudah cukup.

Atik juga mengajak para ibu-ibu untuk mencoba membuat minuman sehat dari bahan alami selama masa self-quarantine. Jangan lupa sertakan anak dan berikan ilmu baru untuk anak tentang kesehatan tubuh.

"Terlalu sering mengkonsumsi vitamin kemasan kan tidak baik. Ada alternatif lain yang berasal dari bahan-bahan alami serta buah dan sayur yang lebih menyehatkan dan aman dikonsumsi setiap hari", ujarnya.(TribunBatam.id/Rebekha Ashari)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!