< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

7 Manfaat Kulit Bawang Merah untuk Kesehatan, Efektif Mengatasi Penyakit

Merdeka
7 Manfaat Kulit Bawang Merah untuk Kesehatan, Efektif Mengatasi Penyakit
Ilustrasi kulit bawang. ©Pixabay/endriqstudio

Merdeka.com - Bawang merah bisa dibilang merupakan bumbu dapur yang paling populer di dunia dan hampir selalu ada di resep masakan apapun. Kalau tak ada bawang seperti ada yang kurang dari cita rasa masakan. Bahkan bawang saat ini bukan hanya dijadikan sebagai bumbu dapur tapi juga lauk seperti bawang pedas atau bawang renyah yang banyak dijual di pasaran.

Memanfaatkan bawang sebagai penambah cita rasa pada masakan merupakan hal lumrah, tapi bagaimana jika ternyata kulit bawang juga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh? tahukah kamu ternyata kulit bawang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi.

Menurut Situs Health Benefit, kulit bawang merah merupakan sumber vitamin A, vitamin C, vitamin A dan antioksidan lainnya. Kulit bawang merah juga mengandung flavanoid, terutama quercetin. Kandungan ini memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Tak heran bila dengan nutrisi yang berlimpah kulit bawang merah membawa banyak manfaat pula.

Berikut ini ada 8 manfaat kulit bawang merah yang jarang diketahui telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber pada Selasa (24/3).

1 dari 7 halaman

1. Mengatasi Kram Otot

yang ternyata bisa menyebabkan nyeri otot hindari yuk

Shutterstock

Manfaat kulit bawang merah yang pertama adalah bermanfaat untuk mengatasi kram otot. Caranya, masukkan satu sendok makan kulit bawang ke dalam secangkir air panas dan biarkan meresap. Minumlah airnya sebelum makan malam untuk mengobati kram otot.

2 dari 7 halaman

2. Merawat Kesehatan Rambut

Manfaat kulit bawang merah selanjutnya adalah menjaga kesehatan rambut. Caranya sangat mudah cukup dengan kamu membuat kondisioner rambut alami sendiri dengan mencampur kulit bawang dan secangkir air hangat. Usapkan pada rambut dan diamkan 5-10 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Selain menyehatkan rambut, ternyata kulit bawang merah juga bisa dijadikan masker yang dicampur dengan madu. Masker tersebut kemudian akan dioleskan pada akar rambut dan pijat dengan lembut ke arah kulit kepala. Biarkan selama 60 menit, setelah itu cuci bersih dan lihat hasilnya.

3 dari 7 halaman

3. Meringankan Gangguan Kulit

Selain baik untuk kesehatan rambut ternyata kulit bawang juga dapat digunakan untuk meringankan gangguan kulit seperti mengobati papula, pustula, nanah, dan gangguan kulit. Cara mendapatkan manfaat kulit bawang merah ini dengan mengoleskan campuran pada daerah yang terkena dan biarkan selam 5 menit. Kemudian cuci bersih dengan air dingin.

4 dari 7 halaman

4. Mempertahankan Sistem Kardiovaskular

Manfaat kulit bawang merah lainnya dapat membantu mempertahankan sistem kardiovaskular yang kuat dan mengurangi risiko terkena penyakit otak. Hal ini tak lain karena kulit bawang merah mengandung quercetin yang merupakan antioksidan yang dapat membantu melawan alergi. Kulit bawang juga dapat membantu menurunkan kolesterol, tekanan darah, memperkuat otot, melawan peradangan, dan membunuh sel kanker.

5 dari 7 halaman

5. Menurunkan Gula Darah

Manfaat kulit bawang merah selanjutnya mampu menurunkan gula darah. Selain itu, pigmen pada tanaman dapat mencegah penyumbatan darah dan mengurangi peradangan.

Untuk merasakan manfaat kulit bawang merah, caranya sangat mudah cukup kamu bisa memasukkan kulit bawang merah yang telah dicuci bersih ke dalam air saat memasak. Aroma masakan yang dihasilkan akan wangi dan manfaat kulit bawang merah bisa dirasakan tubuh.

6 dari 7 halaman

6. Menurunkan Tekanan Darah

Para ahli mengungkapkan kulit bawang merah mengandung antioksidan. Senyawa antioksidan pada kulit bawang merah adalah quercetin. Senyawa ini dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan bisa mencegah penyumbatan pada arteri.

7 dari 7 halaman

7. Menyehatkan Kulit

Manfaat kulit bawang merah berikutnya yaitu menyehatkan kulit, bagi kamu yang ingin punya kulit glowing? Campurkan satu sendok makan besan (gram flour), kulit bawang secukupnya, dan satu sendok makan yogurt. Aduk hingga menjadi pasta kental. Setelah itu oleskan campuran masker tersebut pada kulit wajah dan biarkan selama 10 menit. Cuci muka dengan air hangat sesudahnya.

[nof]
LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!