< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

5 Cara Menjaga Pola Hidup Sehat Bersama Pasangan

popmama

Sehat itu penting, tetapi masih banyak orang yang mengganggap sepele hal ini. Mereka juga mengabaikan pola hidup sehat begitu saja.

Apalagi kalau punya pasangan yang gaya hidupnya buruk, bisa jadi kamu akan terbawa kebiasaan itu. Padahal pola hidup sehat akan bermula dari orang-orang sekitar, terutama pasangan. Bagaimana ya Ma, cara meningkatkan pola hidup sehat bersama pasangan?

Untuk mencegah pola hidup semakin buruk, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa tips yang bisa dilakukan Mama untuk mempratekkan pola hidup sehat.

1. Hindari stres

1. Hindari stres
Freepik/bearfotos

Setiap orang pasti memiliki masalah dalam hidupnya, begitupun dengan pasangan kamu. Saat merasa pasangan kamu terlihat murung, ini waktunya untuk menanyakan keadaan dia ya.

Tanyakan ke pasangan tentang apa yang sedang terjadi pada dirinya. Ingatkan juga kepadanya kalau masalah yang dipendam sendiri hanya membuat dia stress. Setelah itu bertukarlah pikiran.

Bertukar pikiran memang terkesan sepele sehingga jarang diabaikan begitu saja, seolah pasangan bisa menyelesaikan masalahnya sendiri. Padahal dengan bertukar pikiran tanpa disadari, kamu dan pasangan bisa memikirkan solusi yang terbaik.

2. Menjaga pola makan

2. Menjaga pola makan
Freepik

Varian makanan yang sudah semakin banyak, membuat seseorang mudah memilih jenis makanan yang tidak sehat. Padahal pola makan sangat mempengaruhi kinerja tubuh. Untuk menjaga pola makan Mama dan pasangan tetap terjaga, coba sekali-kali untuk memasak bersama atau sekedar membuat bekal. Anggap saja ini sebagai salah satu bentuk quality time dengan pasangan juga ya.

Editors' Picks

3. Stop begadang

3. Stop begadang
Freepik

Orang yang begadang pasti punya alasan tersendiri. Meskipun begitu kebiasaan begadang secara berlebihan akan menimbulkan beberapa efek buruk untuk tubuh.

Tanpa disadari kulit akan terlihat kusam, penurunan daya ingat sehingga mudah lupa, kemampuan berpikir jadi berkurang hingga Mama dan pasangan bisa mengalami depresi.

Kalau hal itu tidak mau terjadi. Mulai pola hidup sehat dengan mengatur jam tidur yang benar setiap malamnya. Jangan biasakan untuk tidur terlalu malam ya, Ma.

4. Mengurangi kafein

4. Mengurangi kafein
Freepik/pressfoto

Sekali-kali meminum kafein tidak apa-apa ya, Ma. Tapi jangan terlalu berlebihan, sesuatu yang sudah luar batas normal pasti kurang baik.

Menahan untuk mengonsumsi kopi pasti bisa dilakukan, asalkan ada niat. Cobalah untuk pelan-pelan mengurangi secara bertahap dari yang awalnya bisa minum hingga 3 gelas, bisa dikurangi jadi 2 gelas sehari.

Bisa juga mengurangi kopi dengan menggantinya dengan minum-minuman yang lebih sehat, seperti susu atau air mineral. Memang awalnya pasti tidak akan mudah ya, apalagi kalau sudah terlanjur suka. Pelan-pelan pasti nanti juga akan terbiasa demi pola hidup yang lebih sehat.

5. Berolahraga bersama

5. Berolahraga bersama
Freepik/pressfoto

Menjaga pola hidup sehat bersama pasangan juga bisa dilakukan dengan olahraga. Di bulan April ini Mama bisa mengajak pasangan berolahraga sambil mengikuti lomba bernama KARTINI RUN 2018 yang berlangsung di Monas pada 22 April 2018.

Dalam rangka memperingati hari Kartini 2018, Yayasan Kemala Bhayangkari, Perwosi (Persatuan Olahraga Wanita Seluruh Indoenesia), Oase KK (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja), KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) dan dibantu dari Mesa Race sebagai penyelenggara lomba atau race organizer.

Menurut Ketua Pembina Yayasan Kemala Bhayangkari yakni Ibu Tri Tito Karnavian selaku Ketua Umum Perwosi Pusat, “Selain memperingati dan merayakan hari Kartini 2018, rangkaian seluruh kegiatan ini, baik lomba maupun kegiatan yang menyertainya, dapat memotivasi masyarakat, khususnya perempuan Indonesia untuk berolahraga. Dengan olahraga perempuan Indonesia akan menjadi sehat dan dapat melahirkan putra-putri bangsa yang sehat cerdas, dan kuat sebagai penerus bangsa.”

Meskipun namanya Kartini Run, tetapi Mama tetap bisa mengajak pasangannya untuk ikut. Ini dikarenakan lomba dibagi menjadi dua kategori lomba yaitu 5K (khusus perempuan) dan 10K (perempuan dan laki-laki). Perlombaan lari ini cukup unik dan berbeda dari yang lain karena seluruh peserta diperkenankan memakai atribut baju tradisional sesuai dari daerah mereka masing-masing.

Selain perlombaan lari, ada beragam fasilitas mulai dari pemeriksaan IVA, USG Payudara, Mammografi, perpanjang SIM gratis, pemeriksaan kesehatan dan donor darah hingga area Pameran Karya Wania Indonesia yang dapat dinikmati masyarakat umum.

Ternyata selain bisa hidup sehat, ada banyak fasilitas yang disediakan di acara Kartini Run ini ya.

Yuk, Ma tumbuhkan semangat untuk berolahraga bersama pasangan dan selalu mempratekkan pola hidup sehat melalui acara in!

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!