< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

BI Pastikan Kebutuhan Pokok Cukup dan Inflasi Terjaga Rendah

Akurat.co
Image

Warga membeli bahan kebutuhan pokok pangan di pasar Senen, Jakarta, Rabu (5/2/2020). Memasuki cuaca hujan ekstrem, beberapa harga kebutuhan pokok khususnya komoditas pertanian mulai merangkak naik. Hal tersebut akibat produksi di tingkat petani terbatas. | AKURAT.CO/Dharma Wijayanto

AKURAT.CO Di tengah penerapan safe from home dimana bekerja, belajar, dan beribadah di rumah, () menilai ketersediaan pasokan bahan makanan tersedia cukup. 

Hal ini diungkapkan oleh Gubernur () melalui video press conference, Selasa (24/3/2020). Keadaan ini membuatnya memprediksi akan terjaga rendah di 0,11% sepanjang Maret. 

“Untuk , berdasarkan survei pemantauan harga pada minggu pertama hingga ketiga maret terjaga rendah, sehingga diprediksi sepanjang Maret 0,11% atau secara tahun 2,98% terjaga rendah. Hal ini membuktikan ketersediaan pasokan bahan makanan cukup,” kata Perry.

Terjaganya harga ini, menurut Perry, karena pemerintah baik pusat dan daerah mampu menjaga ketersediaan kebutuhan makanan sehingga harganya terkendali.

Di sisi lain, panic buying sempat melanda di Indonesia pada awal Maret saat pertama kali WNI positif . Namun, pemerintah dengan sigap mengambil sikap pembatasan pembelian .

Untuk diketahui, Organisasi Pangan dan Pertanian  Dunia (Food and Agriculture Organization/FAO) menyatakan, lockdown dan panic buying akibat pandemi virius  dapat memicu  dunia.

"Krisis pangan ini bisa terjadi karena ada panic buying dari negara importir pangan maupun pabrik makanan dan minuman," kata ekonom senior FAO Abdolreza Abbassian, sebagaimana dilansir dari laman Reuters, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Ia mengatakan, krisis pangan terjadi bukan sekadar masalah pasokan, tetapi ada perubahan perilaku terhadap keamanan pangan di mana adanya faktor psikologi yang menciptakan pembelian besar-besaran yang menyebabkan harga melonjak naik.[]

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!