< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Cegah Penularan Corona, Pemkot Bandung Minta Tempat Hiburan Malam Tutup Sementara

Merdeka
Cegah Penularan Corona, Pemkot Bandung Minta Tempat Hiburan Malam Tutup Sementara
ilustrasi diskotek. ©Getty

Merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung sudah menyebarkan surat edaran untuk menutup tempat hiburan malam. Di sisi lain, Polda Jawa Barat sendiri siap melakukan tindakan tegas membubarkan aktivitas yang melibatkan banyak orang.

Kebijakan ini merupakan tindak lanjut upaya pencegaran penyebaran virus corona (Covid-19). Sebelum ada surat edaran dari Wali kota Bandung, Oded M Danial, beberapa penggelola tempat hiburan disebut berinisiatif melakukan penutupan bagi pengunjung untuk sementara waktu.

"Ya, mereka dengan sadar menutup sendiri kok. Kalau surat edaran dari kota secara umum sudah ada, dari pihak terkait juga sudah diproses," kata Oded, Senin (23/3).

Dia sudah menginstruksikan Satpol PP melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan surat edaran penutupan tempat hiburan malam dipatuhi. Jika ada yang masih buka, Oded meminta untuk diberi edukasi tentang bahaya virus mematikan itu.

"Ya saya tetap akan mengedepankan edukasi ya macam mereka untuk sadar diri," ujar dia.

Sementara itu, Kasatpol PP Bandung Rasdian Setiadi menyatakan, laporan sementara sudah ada lima tempat hiburan seperti karaoke dan diskotek yang sudah menutup layanan.

1 dari 1 halaman

Terpisah, Kabidhumas Polda Jawa Barat, Kombes Saptono Erlangga menyatakan pihaknya sudah melakukan patroli terkait aktivitas warga di tempat ramai. Polisi sudah siap melakukan pembubaran namun disertai dengan edukasi tentang pencegahan penularan virus.

"Sudah diberlakukan Operasi Aman Nusa II 2020, Kita memberikan pemahaman supaya masyarakat membubarkan diri untuk sementara waktu di saat tanggap darurat ini," kata Erlangga.

Kebijakan ini pun diiringi dengan pembatasan izin keramaian. Selain untuk mencegah penyebaran virus hal ini pun dalam rangka menekan potensi tindak kriminal

"Perizinan keramaian juga kita tunda, yang akan ada kegiatan massa. Termasuk di tempat hiburan, kita batasi," pungkasnya. [ray]

Topik berita Terkait:
  1. Corona Di Indonesia
  2. Virus Corona
  3. Covid 19
  4. Bandung
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • Youtube
  • Plus

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini
LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!