< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Bisakah Hewan Peliharaan Tertular Virus Corona COVID-19?

Okezone

PANDEMI virus corona (COVID-19) membuat masyarakat menjadi khawatir, lantaran di Indonesia sudah memakan cukup banyak korban. Bahkan tak sedikit masyarakat yang menghubung-hubungkan virus corona dengan beberapa hewan yang mati.

Baru-baru ini ada kasus anjing dan kucing yang mendadak mati. Sebagian orang percaya bahwa kematian hewan secara mendadak tersebut disebabkan oleh virus corona. Meski demikian, apakah virus corona ini bisa menyerang hewan?

Ketua Pengurus Pusat Persatuan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI), dr. Moh Adib Khumaidi, Sp.OT, menjelaskan bahwa pemeriksaan lebih lanjut perlu dilakukan untuk memastikan penyebab kematian hewan peliharaan.

“Tapi ada literatur kalau virus corona ini dibawa dari animal to human,” terang dr. Adib di Jakarta.

14 ribu orang di dunia ini berasal dari manusia ke manusia.

Sebagaimana diketahui, infeksi penyakit yang telah menyerang lebih dari 338 ribu orang dan menewaskan lebih dari 14 ribu orang di dunia ini berasal dari manusia ke manusia.

Penularannya diduga dari close contact (kontak jarak dekat) dan droplet (percikan dahak) yang masuk menuju epitel saluran pernapasan.

“Outbreak COVID-19 ini sekarang menular dari human to human. Jadi harus diperiksa lagi apakah ada penularan dari human to animal,” tuntasnya.

Sekadar informasi, Daerah Ibu Kota Jakarta masih menempati urutan pertama kasus virus corona atau covid-19 terbanyak di Indonesia, per 22 Maret 2020. Berdasarkan data yang diperoleh Okezone dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah kasus positif corona di Jakarta per hari ini mencapai 307 kasus.

Kasus corona di Jakarta bertambah 40 kasus dari yang sebelumnya atau pada Sabtu, 21 Maret 2020, berjumlah 267. Total, hingga hari ini ada 307 kasus corona di Jakarta.

Tercatat, ada 180 orang dirawat, sembuh 21 orang, meninggal 29 orang dan isolasi mandiri 77 orang.

(mrt)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!