< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Wali Kota Pagaralam Imbau Warga Beli Kebutuhan Pokok Sesuai Keperluan

TIMES Sumsel

TIMESSUMSEL, PAGARALAM – Pemerintah Kota Pagaralam Sumsel melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) UKM dan PP Kota Pagaralam Sumsel keluarkan surat imbauan, terkait pembatasan setiap transaksi pembelian ke konsumen.

“Ya, menindaklanjuti surat dari Plt Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel, tanggal 18 Maret 2020 dan surat Kepala Satgas Pangan Polri Nomor: 8/1872/III/Res.2.1/2020 tanggal 16 Maret 2020,” demikian dikatakan Kepala Disperindagkop UKM dan PP Kota Pagaralam Sumsel  Dawam SH MM didampingi Kabid Perdagangan Jepri Zulfikar SP MSi, Sabtu (21/3/20020).

Adapun isi surat edaran itu, kata Jepri, yakni perihal pengawasan ketersediaan barang kebutuhan pokok. “Makanya, kami mengimbau kepada distributor, agen, mini market dan pengecer, untuk melakukan pembatasan setiap transaksi pembelian ke konsumen,” imbuhnya.

Menurut Jepri, apa yang disampaikan secara tertulis itu, merupakan imbauan bukanlah surat edaran. “Pembatasan setiap transaksi pembelian tersebut, meliputi beras maksimal 10 kg, gula pasir 2Kg, minyak goreng maksimal 4 liter dan mie instan maksimal 2 dus,” ucapnya.

Terkait imbauan yang dikeluarkan, Wali Kota Pagaralam Sumsel Alpian Maskoni SH mengakui, Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan stok kebutuhan bahan pokok cukup hingga memasuki Hari Raya Idul Fitri, yang jatuh pada akhir Mei 2020.

Wali Kota mengatakan,  dengan pertimbangan pasokan yang cukup, akhirnya, melalui keputusan Satgas Pangan Polri, Protokol pembatasan belanja pun dicabut. “Pembatasan setiap transaksi pembelian ini, harusnya tidak perlu dibesar-besarkan. Toh, masyarakat sudah sadar, dengan membeli kebutuhan pokok itu harus sesuai dengan keperluan. Jadi dengan demikian harapan kita biar tidak ada yang menjadi spekulan,” ucapnya. (*)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!