< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Ikuti Arahan Jokowi, Anies Normalkan Kembali 3 Transportasi Umum di Jakarta

merahputih

MerahPutih.Com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengembalikan kembali pelayanan tiga moda transportasi umum di Jakarta baik MRT Jakarta, LRT maupun Bus TransJakarta seperti semula.

Pemprov DKI Jakarta juga memberlakukan kembali operasi angkutan malam hari di ibu kota.

Langkah itu dilakukan Anies mengacu pada Instruksi Presiden Jokowi yang meminta pemerintah daerah menghindarkan penumpang dari kepadatan atau keramaian.

Anies Baswedan kembali normalkan jadwal moda transportasi Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (MP/Asropih)

"Sesuai arahan presiden. Kami akan kembali menyelenggarakan kendaraan umum frekuensi tinggi," kata Anies di Balaikota DKI, Jakarta Pusat, Senin (16/3) malam.

Meski dikembalikan semula, lanjut Anies, interval kedatangan kendaraan menjadi 5 menit sekali, kebijakan perilaku menjaga jarak tetap diberlakukan.

Penumpang transportasi itu juga tetap dibatasi demi terjadi jarak antar satu sama lain. Pembatasan dilakukan pada penumpang yang masuk halte atau stasiun. Tujuannya supaya tidak ada penumpukan di dalam ruangan sempit yang justru bisa memperbesar risiko penularan virus corona.

"Dan kami akan lakukan social distancing measure. Artinya ada pembatasan penumpang dalam gerbong, bus. Armada akan ditambah supaya jarak yang mengangkut lebih cepat," ungkap Anies.

Orang nomor satu di Jakarta itu juga mengungkapkan, armada akan ditambah guna mengangkut penumpang lebih cepat.

Ia pun menyadari pembatasan penumpang yang memasuki halte akan menimbulkan antrean di luar stasiun atau halte. Tapi menurut dia, mereka yang berada di udara terbuka lebih baik ketimbang ruangan sempit dan tertutup.

"Konsekuensinya antrean itu di luar stasiun. Tapi ruang terbuka mengurangi risiko penularan. Dibanding di tempat tertutup," pungkasnya.

Operasional MRT akan kembali pada pukul 05.00 - 24.00 WIB. Jumlah rangkaian kembali menjadi 16 namun kapasitas isi penumpang dibatasi. Dimana dalam satu rangkaian MRT yang biasanya mengangkut 1.200 penumpang kini dibatasi 360 penumpang.

Pelayanan LRT juga normal yakni pukul 05.00-23.00 WIB. Dengan pembatasan kuota penumpang dari normal 270 menjadi 80 orang.

Begitu pula dengan TransJakarta. Jam operasional kembali normal 24 jam dengan pembatasan penumpang. Untik articulated bus atau bus gandeng semula kapasitas 150 orang kini dicukupkan mengangkut 60 penumpang.

Kemudian TransJakarta unit single bus hanya dibolehkan mengangkut 30 orang dari normalnya 80 penumpang.(Asp)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!