< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Koperasi Simpan Pinjam Didorong Lakukan Modernisasi

harnas
Koperasi Simpan Pinjam Didorong Lakukan Modernisasi
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. (Kementerian Koperasi dan UKM)
JAKARTA (HN) -

Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM mendorong koperasi simpan pinjam melakukan modernisasi lewat penerapan teknologi, sehingga terbentuk transparansi sistem, serta meningkatkan pelayanan publik. Menurut Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, modernisasi dan transparansi ini penting agar koperasi bisa tumbuh kembang di era digital.

“Koperasi harus naik kelas, merespons perkembangan zaman yang serba digital, khususnya financial technology. Jika tidak, bukan mustahil usaha simpan pinjam berbasis gotong royong ini bakal ditinggalkan masyarakat. Terlebih, jika tidak ada keuntungan di sana,” katanya di Jakarta, Jumat (21/2).

Ketua Asosiasi Koperasi Indonesia (Askapindo) Sahala Panggabean mengamini dorongan Kemenkop dan UKM. Menurut dia, sudah saatnya koperasi berbenah mengikuti perkembangan zaman. Askapindo mencatat, ada 140 ribu koperasi simpan pinjam. Namun, sulit untuk disatukan. Dia berharap, saat kongres mendatang, mereka bisa berbenah merespons perkembangan zaman.

“Kami harus koreksi diri, agar koperasi menjadi bisnis yang bagus,” ujar Sahala Panggabean.


Reportase : Yaumal Hutasuhut
Editor : Ridwan Maulana
LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!