Ilkay Gundogan menjadi salah satu pemain yang didatangkan oleh Pep Guardiola ketika ia ditunjuk untuk menjadi manajer Manchester City pada 2016. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu didatangkan dari Borussia Dortmund dengan nilai transfer yang dikabarkan mencapai 20 juta pound, dan masih menjadi bagian penting bagi klubnya hingga saat ini.

Sepanjang kariernya dengan Man City, pemain Timnas Jerman ini tampil dalam 147 pertandingan di seluruh kompetisi dan mencetak 22 gol. Gundogan juga terlibat dalam kesuksesan yang diraih klub yang bermarkas di Etihad Stadium itu dengan mendapatkan dua titel Liga Primer Inggris, League Cup, dan Community Shield, serta satu titel FA Cup.

lkay Gundogan,Pep Guardiola

Namun karier yang dijalani oleh Gundogan dapat berada dalam kondisi yang berbeda apabila ia menerima tawaran untuk bergabung dengan Liverpool pada 2016. Gundogan memiliki kesempatan untuk kembali bekerja sama dengan Jurgen Klopp di Anfield, namun mengambil keputusan yang berbeda agar dapat memperoleh pengalaman baru dalam kariernya.

“Saya merasa yakin bahwa kehidupan harus diisi dengan tantangan dan saya selalu berusaha untuk memberikan hal itu kepada diri saya sendiri. Saya merasa bahwa apabila saya tidak melakukan itu kepada diri saya sendiri, maka saya tidak akan merasakan perubahan dan menutup potensi untuk terus mengembangkan kemampuan yang saya miliki.”

“Saya pernah merasakan empat tahun yang luar biasa dengan Jurgen Klopp, saya mencintainya sebagai pribadi dan juga manajer, namun saya merasa saat itu menjadi momen yang tepat untuk mendapatkan pengalaman yang baru. Saya ingin meninggalkan pengalaman yang saya dapatkan di Dortmund, dan tidak ingin kembali membicarakannya apabila mengikuti jejaknya. Itu menjadi alasan mengapa saya tidak bergabung dengan Liverpool,” ujar Ilkay Gundogan dalam pernyataan yang dikutip dari Liverpool Echo.

Gundogan juga terlibat dalam persaingan untuk mendapatkan titel Liga Primer Inggris dengan The Reds. Musim ini, Liverpool berpeluang besar merebut gelar juara kompetisi tersebut dari Man City. Klub asuhan Klopp itu memiliki keunggulan 22 poin atas pesaing utama mereka.