< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Heboh! Lempeng Emas Bergambar Soekarno Beserta Tanda Tangannya Ditemukan Pria Jambi, Disebut Asli Dan Ditawar Rp 1,5 Miliar Tapi Ditolak, Alasannya Benda Ini Milik Negara!

Sosok.ID

Sosok.ID - Entah mimpi apa Erwin semalam hingga pada selanjutnya mendapatkan rejeki nomplok tak terduga.

Pria asal Tebo, Jambi ini tak bisa membayangkan betapa bahagia dirinya setelah namanya jadi perbincangan publik Jambi.

Ya, beberapa hari ini warga Jambi dihebohkan oleh pria yang bernama Erwin bukan lantaran kejahatan namun atas benda yang dianggap miliki nilai sejarah bagi Indonesia.

Sambil memegang batangan berwarna emas dan terdapat ukiran serta dibubuhi tanda tangan presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno.

Dirinya menuturkan bagaimana awalnya bisa menemukan benda yang diyakini asli tersebut.

Bahkan tak sedikit yang dengan spontan langsung menawarkan sejumlah uang pada Erwin hanya untuk membawa pulang batangan berwarna emas tersebut.

Hal itu lantaran temuan emas batangan yang diyakini berbeda dengan temuan palsu sebelum-sebelumnya.

Harga yang ditawarkan untuk satu emas batangan itu ada yang membuka harga dari Rp 750 juta sesaat setelah penemuan emas batangan ia unggah di sosial media.

Melansir dari TribunJambi.com, dalam pengamatan, lempengan itu berwarna keemasan.

Warga Desa Panapalan, RT 3, Kecamatan Tengah Ilir, Kabupaten Tebo, Jambi, menunjukkan benda yang diduga emas batangan bergambar Soekarno.
Tribun Jambi/Mareza Sutan AJ

Warga Desa Panapalan, RT 3, Kecamatan Tengah Ilir, Kabupaten Tebo, Jambi, menunjukkan benda yang diduga emas batangan bergambar Soekarno.

Di salah satu sisi lempengan itu terdapat ukiran tipis berbentu wajah Ir Soekarno beserta tanda tangan dan tulisan "Soekarno".

Sedangkan di sisi yang lain terdapat ukiran gambar yang membentu seperti lambang garuda.

Selain itu, juga masih terdapat ukiran tulisan BI dengan dibubuhi tulisan angka yang 999,9 di dekat tulisan tersebut.

Tak hanya itu saja, masih ada ukiran bertuliskan 24 K yang berada di bagian samping lempeng emas tersebut.

Dari penemuan dan ciri-ciri yang ada di setiap bagian lempeng tersebut, Erwin merasa yakin dan percaya bahwa benda itu asli adanya.

Sebab menurutnya, dari berat yang sempat ia timbang, benda itu memiliki berat kira-kira 1 kilogram.

"Saya pikir asli, karena ada tulisan 24 K dan GOLD. Beratnya juga sekitar 1 kilogram," kata dia, saat ditemui di Tebo Tengah, Senin (10/2/2020).

Erwin juga menambahkan benda yang berbentuk lempeng dan berwarna keemasan itu ditemukannya pada hari Jumat (7/2/2020) yang lalu.

Temuan yang kemudian menggemparkan publik Jambi itu menurut Erwin ada dua lempeng, namun salah satunya ia simpan di rumahnya.

Pria asal Kecamatan Tengah Ilir itu menuturkan akan segera menguji keaslian temuannya tersebut demi memberikan kejelasan baik pada dirinya maupun pada masyarakat.

Meski sempat ditawar seharga Rp 750 juta satu lempengnya sesaat setelah mengunggah temuannya di lama Youtube, Erwin mengatakan tak tertarik dengan tawaran itu.

Bahkan dirinya akan berbesar hati apabila memang benda yang ia temukan adalah emas peninggalan Sang Proklamator maka dirinya akan mengembalikannya kepada pihak yang berhak, baik pemerintah ataupun Bank Indonesia.

"Rencananya kini, kami mau cek dulu ke laboratorium. Kalau memang ini produk punya Bank Indonesia, kita kembalikan," terangnya, dikutip dari TribunJambi.com. (*)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!