< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Kapal Selam Tenaga Nuklir dengan Laser, Bukan Lagi Lelucon

Mata Mata Politik

Para pejabat Angkatan Laut AS sekarang percaya, kapal selam bertenaga nuklir mereka membutuhkan laser yang terikat pada tiang kapal-kapal selam itu.

Dalam film komedi Austin Powers, Dr Evil menuntut untuk memiliki hiu dengan laser yang melekat di kepala mereka. Permintaan yang bisa dimaklumi untuk penjahat yang jahat, tidak kurang, dan cukup lucu.

Sayangnya, bukan lelucon bahwa Angkatan Laut AS dilaporkan mempersenjatai kapal selam nuklir kelas Virginia dengan laser berenergi tinggi yang akan mampu melumpuhkan drone dan meledakkan kapal kecil, Daily Mail Inggris melaporkan, mengikuti artikel feature di Popular Mechanics.

AS memang tak pernah berpuas diri. Buat negara adidaya itu, teknologi dalam kapal selam nuklir Virginia Class, dengan senjata advanced-capability (ADCAP) torpedo, rudal jelajah Tomahawk, maupun rudal anti-kapal Harpoon, tetap kurang dahsyat. Oleh sebab itu, Angkatan Laut setempat menggagas adopsi High Energy Laser (HEL) pada kapal selam.

Terlepas dari kenyataan laser tidak dapat bekerja di bawah air, para ahli mengatakan, menambahkan laser ke kapal selam tidak sepenuhnya mustahil, tetapi itu akan “membutuhkan desain inovatif,” bunyi laporan itu.

Peneliti Sidharth Kaushal mengungkapkan kepada media tersebut, laser yang ditempatkan di kapal selam kelas Virginia (yang umumnya digunakan untuk pengumpulan intelijen) harus menempel pada tiang foton kapal selam, yang merupakan sensor yang fungsinya mirip dengan periskop, bunyi laporan itu.

Laser itu dilaporkan akan kurang terdeteksi, yang bisa terbukti sangat berguna selama misi rahasia, lanjut laporan itu, dinukil dari Asia Times.

Membuat jenis teknologi ini bekerja pada kapal selam juga akan memerlukan pengarahan tiang dan sesuatu untuk menarik daya dari reaktor nuklir, menurut Popular Mechanics. Pengarahan tiang tersebut akan (dengan segala pertimbangan) menjaga agar tiang tetap fokus pada target. Tiang yang juga dikenal dengan photonics mast, kini tergolong sebagai perangkat yang sangat canggih, alih-alih menerapkan prinsip kerja laiknya periskop kapal selam zaman dahulu. Periskop kapal selam tersebut telah serba digital dan bisa merekam dengan resolusi kamera high definition dalam sudut 360 derajat.

Forbes menulis, dokumen Angkatan Laut AS sudah memproyeksikan laser ini sebagai senjata masa depan di kapal selam. HEL mampu menembakan laser dengan kekuatan 300 kilowatt, bahkan dapat mencapai 500 kilowatt. Pasokan daya senjata laser menggunakan tenaga yang berasal dari reaktor kapal selam nuklir yang punya kapasitas 30 megawatt. Dengan bekal laser, apa yang dilihat oleh sang kapal selam, maka dapat dihancurkan dalam waktu singkat.

AL AS belum membangun kapal selam dengan bekal senjata di permukaan setidaknya dalam 70 tahun terakhir. Pun, tidak banyak gunanya melawan senjata hipersonik China atau Rusia yang meraung dan menyentak di Mach 5. Bahkan, dengan kapal selam itu muncul, itu akan menjadi sasaran yang menarik untuk rudal musuh.

Untuk menghasilkan daya bagi laser, laporan itu menerangkan, koneksi “aman” diperlukan untuk memungkinkan lubang dibuat di lambung, menurut laporan itu.

Proposal 2017 menunjukkan, teknologi semacam itu telah dikembangkan oleh Triton Systems dan akan siap untuk digunakan pada 2020, lanjut laporan itu.

Perusahaan tersebut mengatakan, ada beberapa risiko yang terkait dengan mendapatkan daya dari sumber laser ke kepala tiang, “tetapi penetrator dan perakitan kabel yang diusulkan mengatasi risiko ini melalui desain, pemodelan, prototyping, dan pengujian.”

Satu-satunya pertanyaan yang tidak dijawab Angkatan Laut AS adalah: mengapa?

Mungkin, jawabannya ada pada Dr. Evil?

Penerjemah: Aziza Fanny Larasati

Editor: Purnama Ayu Rizky

Keterangan foto utama: Ilustrasi kapal selam yang digunakan dalam film “The Wolf’s Call” (2019). (Foto: IMDB)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!