< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Nasib eks ISIS Diputus Juni, Mahfud MD Condong Tak Dipulangkan

Publicanews
publicanews - berita politik & hukum
Menko Polhukam Mahfud MD. (foto: Instagram/@mohmahfudmd)
PUBLICANEWS, Jakarta - Pemerintah masih menggodok aturan hukum terhadap 600 eks kombatan ISIS dan keluarganya yang kini terdampar di Timur Tengah. Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan belum ada keputusan final soal pemulangan mereka.

"Kecenderungannya mungkin enggak dipulangkan," kata Mahfud di Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (6/2).

Namun, ia menyebutkan keputusan final baru akan diambil Presiden Joko Widodo pada Juni 2020 mendatang.

"Nanti bulan Mei atau Juni presiden akan memutuskan," ujar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

Pemerintah membentuk tim khusus yang dikomandoi oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius. Ada dua draf soal nasib ratusan pendukung negara Islam di Irak dan Suriah itu.

Pertama, merancang aturan hukum kalau 600 eks ISIS asal Indonesia tersebut tidak dipulangkan. Kemudian, draf kedua, soal aturan hukum yang mengatur kepulangan mereka.

Dua draf ditagertkan selesai pada April 2020. Rancangannya akan dikonsultasikan dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang menjabat sebagai koordinator untuk urusan radikalisme dan terorisme. (feh)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!