< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Berkat China, Rupiah Tak Terbendung Rebut Status Juara Dunia

CNBC Indonesia
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah menguat tajam melawan dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Kamis (6/2/2020) dan kembali menjadi mata uang dengan kinerja terbaik di dunia.

Begitu perdagangan hari ini dibuka, rupiah langsung menguat 0,22% ke Rp 13.640/US$. Meski sempat memangkas penguatan hingga stagnan, tetapi apresiasi rupiah semakin terakselerasi hingga 0,59% ke level Rp 13.590/US$ di pasar spot, melansir data Refinitiv.

Sedikit disayangkan rupiah gagal mempertahankan posisi tersebut dan menutup perdagangan di level Rp 13.615/US$ menguat 0,4%. 

Berkat penguatan hari ini, sepanjang 2020 rupiah kini menguat 1,91%. Untuk sementara merebut kembali status juara dunia alias mata uang dengan kinerja terbaik di dunia dari pound Mesir.

Hingga pukul 16:20 WIB, pound Mesir 0,06%, sehingga total penguatan sejak awal tahun sebesar 1,75%. Tetapi perdagangan dolar AS vs pound Mesir masih belum berakhir, sehingga posisi tersebut bisa saja kembali berubah.

Penguatan rupiah hari ini juga terjadi saat mayoritas mata uang utama Asia melemah. Dengan penguatan 0,4%, rupiah juga menjadi mata uang dengan kinerja terbaik di Asia, unggul dari won Korea Selatan yang menguat 0,1%. Ringgit Malaysia dan yuan China menguat tipis kurang dari 0,1%, sementara mata uang lainnya melemah.

Berikut pergerakan dolar AS melawan mata uang utama Benua Kuning.

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!