< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Anies Sampaikan 4 Poin Hasil Pembahasan Revitalisasi Monas Bersama Setneg

Okezone

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menghadiri rapat bersama Komisi Pengarah Kawasan Medan Merdeka guna membahas persoalan revitalisasi kawasan Monumen Nasional (Monas). Rapat diadakan di Gedung Sekretariat Negara (Setneg), Jakarta Pusat, Rabu 5 Februari 2020.

Anies menyampaikan empat poin hasil pertemuan antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama pemerintah pusat itu. Pertama, penataan kawasan selatan Monas sejalan dengan Keppres Nomor 25 Tahun 1997 tentang Pembangunan Kawasan Medan Merdeka.

"Bahwa di sisi selatan itu memang di dalam keppresnya dirancang sebagai area terbuka. Di mana pengunjung bisa datang lalu berjalan ke arah utara menghadap langsung ke Monas," ujarnya.

Kedua, lanjut dia, Komisi Pengarah Kawasan Medan Merdeka menghargai upaya Pemprov DKI melakukan penghijauan kawasan selatan Monas.

"Karena kawasan selatan Monas itu sekarang digunakan untuk tempat parkir, di Lapangan Irti dan Lenggang Jakarta, yang itu semua nanti akan menjadi kawasan hijau yang selama ini terbuka itu justru menjadi hijau," jelas Anies.

Ia melanjutkan, poin ketiga hasil pertemuan itu yakni yang sekarang dirancang untuk menjadi arena terbuka akan dilakukan penambahan vegetasi di platter box seperti tanaman pohon rindang dan lainnya.

Poin keempat, Pemprov DKI segera memfinalisasi desain revitalisasi Monas yang nantinya dibahas dan disepakati dengan Komisi Pengarah Kawasan Medan Merdeka.

"Jadi kesimpulan-kesimpulannya seperti itu," imbuh dia.

Anies juga memastikan bahwa revitalisasi Monas akan tetap dilanjutkan. Namun, sambung dia, Pemprov DKI harus terlebih dahulu memberikan gambaran final revitalisasi Monas agar dibahas bersama pemerintah pusat.

Ia menegaskan, revitalisasi kawasan Monas sesuai Keppres 25 Tahun 1997 lantaran sesuai dengan melakukan penambahan vegetasi. "Nah, gambarnya besok akan dibawa dan ditunjukkan kepada ketua komisi pengarah dan nanti kemudian dijalankan," tandasnya.

Kondisi proyek revitalisasi Monas usai dihentikan sementara. (Foto: Fadel Prayoga/Okezone)

(han)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!