< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Gempa Magnitudo 6,3 SR Guncang Bangkalan

Indonesiainside

Indonesiainside.id, Jakarta—Gempa berkekuatan Magnitudo 6,3 skala richter (SR) mengguncang Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Kamis (6/2/2020) dini hari pukul 01.12 WIB. Titik gempa berada di 69 kilometer timur laut Bangkalan, Jawa Timur dengan kedalaman 636 km.

Seperti dilansir Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS) dalam laman resminya, gempa di Bangkalan tidak berpotensi tsunami. “Tidak berpotensi tsunami. Hati-hati dengan gempa susulan yang mungkin terjadi,” tulis InaTEWS, Kamis (6/2/2020).

Selain Bangkalan, getaran gempa dalam skala MMI II-III ini juga dirasakan di Trenggalek, Pacitan, Yogyakarta, Kebumen, Cilacap, Pangandaran, Kuta dan Kuta Selatan.

Skala MMI (Modified Mercalli Intensity) atau dikenal dengan skala mercalli adalah satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Seperti dilansir dilaman BMKG, satuan skala II MMI berarti  getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sengakan skala III MMI berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah seolah-olah ada truk berlalu.

Meski demikian, belum ada laporan kerusakan dalam gempa Magnitude 6.3 SR yang menguncang Kabupaten Bangkalan. (SD)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!