< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Gaikindo Tegaskan Belum Ada Keluhan Pemakaian Bahan Bakar B30

Akurat.co
Image

Uji Coba Bahan Bakar B30 | Andoy

AKURAT.CO, Di awal tahun 2020, implementasi pencampuran 30 persen dalam Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar atau yang dikenal sebagai B30 telah dilakukan. Bahan bakar ini diharapkan dapat berperan dalam meningkatkan kualitas lingkungan.

Namun, sejumlah pihak mengkhawatirkan terbentuknya gel di tangki mobil akibat menggunakan B30. Selain itu, ada anggapan mobil akan sulit dinyalakan di daerah dingin, seperti di Dieng.

Ketua Umum , Yohannes Nangoi mengatakan pihaknya sudah melakukan test drive sebelum B30 dijalankan.

"Kita coba cek segala macam, so far belum ada keluhan signifikan dari para anggota dan para pemakai. Jadi sementara kita telah jalankan ini dan berjalan dengan baik," ujarnya saat konferensi pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020).

Nangoi lantas berharap agar keluhan B30 tidak terlalu signifikan nantinya dan masih bisa diatasi.

"Karena ini sejalan dengan pemerintah untuk menekan impor bahan bakar, sehingga mengurangi devisa negatif terhadap pemerintah," pungkasnya.

Sebagai informasi, konsumsi dalam negeri di 2025 diharapkan meningkat hingga mencapai 6,9 juta kilo liter. Konsumsi pada tahun 2018 telah mencapai 3,8 juta kilo liter, di mana implementasi B20 telah dilakukan secara luas.

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!