< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Wisman AS Tenggelam saat Surfing di Medewi

Nusabali

Wisman AS dievakuasi dari perairan Pantai Medewi dalam kondisi pingsan. Meski harus menjalani perawatan intensif, nyawanya berhasil diselamatkan.

NEGARA, NusaBali

Seorang wisatawan manca negara (wisman) dari Amerika Serikat, Juan Juel Gomes, 37, tenggelam saat surfing di perairan Pantai Medewi, Banjar Persinggahan, Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Selasa (4/2) pagi. Korban yang berhasil dievakuasi dalam keadaan pingsan oleh warga, nyawanya berhasil terselamatkan setelah mendapat perawatan di RS Bali Med Negara. Namun kemudian dia dirujuk ke RSUP Sanglah, Denpasar, untuk penanganan lebih intensif.

Kapolsek Pekutatan Kompol I Gusti Agung Komang Sukasana, Selasa kemarin, mengatakan peristiwa naas yang dialami wisman AS itu terjadi sekitar pukul 10.30 Wita. Korban mulai surfing sekitar pukul 10.00 Wita. Berselang setengah jam kemudian, korban asal California, Amerika Serikat, itu terseret arus di tengah perairan sekitar 500 meter dari bibir pantai, sempat berteriak-teriak, sebelum akhirnya tenggelam. “Pas kejadian itu dilihat beberapa warga sekitar yang kebetulan juga pemandu wisata. Begitu dilihat langsung ditolong,” ujarnya.

Tepatnya, ada empat orang warga setempat yang menolong korban. Mereka adalah Masturi, Agustiadi, Susanto, dan Faturahim. Setelah berhasil membawa korban ke tepi pantai sekitar pukul 10.35 Wita, korban yang dalam keadaan pingsan langsung dilarikan menggunakan ambulans ke Puskesmas 1 Pekutatan, Desa/Kecamatan Pekutatan. Namun korban yang dinilai perlu mendapat perawatan lebih lanjut, akhirnya dilarikan ke RS Bali Med Negara sekitar pukul 11.00 Wita.

Setelah mendapat perawatan di RS Bali Med Negara, kondisi korban yang cukup lama pingsan, diketahui sudah membaik. Tetapi karena perlu mendapat perawatan lebih intensif, korban akhirnya dirujuk ke RSUP Sanglah, Denpasar. “Korban masih terselamatkan, dan tadi kondisinya sudah membaik. Tetapi karena masih lemas, dan pihak dokter di Bali Med juga menilai perlu dibawa ke Sanglah, langsung dirujuk ke RSUP Sanglah,” ujar Kompol Agung Sukasana.

Dari pengecekannya, WNA Amerika Serikat yang mengalami peristiwa naas itu mengantongi paspor bernomor 580658657. Yang bersangkutan menginap di Hotel Galuh di Pekutatan sejak Senin (3/2), dan rencana akan check out pada Rabu (5/2) hari ini. Korban yang mengajak seorang temannya, diketahui sengaja berlibur ke Jembrana, dan salah satu tujuannya adalah bermain surfing di Pantai Medewi. *ode

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!