< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

BIN Deteksi Kerawanan Jelang PON XX Papua

TIMES Jakarta

TIMESJAKARTA, JAKARTA – Badan Intelijen Negara (BIN) melakukan deteksi dan pemetaan potensi kerawanan untuk memastikan keamanan saat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional XX di Papua (PON XX Papua).

"Ada empat wilayah yang melaksanakan pertandingan, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke," ujar Kepala BIN Budi Gunawan di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Demikian disampaikan Budi Gunawan usai mengikuti Rapat Gabungan terkait Persiapan Pelaksanaan PON XX di Papua, yang berlangsung di Ruang Rapat KK IO, Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Rapat Gabungan tersebut dipimpin Ketua DPR RI Puan Maharani, dan dihadiri sejumlah menteri terkait, antara lain Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Rencananya, PON XX Papua berlangsung pada 20 Oktober hingga 2 November 2020 yang diikuti 6.442 atlet pada 37 cabang olahraga, 56 disiplin olahraga, dan 679 nomor pertandingan

Budi Gunawan menjelaskan, berdasarkan hasil deteksi dan pemetaan terdapat beberapa potensi kerawanan, tetapi sudah dilakukan operasi gabungan untuk mencegah dan memotong potensi-potensi itu agar tidak menjadi gangguan nyata.

Secara umum, kata dia, BIN, kemudian TNI dan Polri telah melaksanakan operasi gabungan, baik operasi intelijen, operasi pemulihan keamanan, dan menjaga stabilitas keamanan.

"Sampai dengan saat ini dan prediksi ke depan keamanan masih bisa kita jaga," ungkapnya.

Tentu, kata dia, ada pola-pola sistem pengamanan, baik terbuka-tertutup karena ada kunjungan beberapa kepala daerah dan kepala negara khususnya di kawasan Asia-Pasifik, ucapnya.

"Rencananya PON XX Papua nanti juga dihadiri oleh beberapa kepala negara dan juga duta besar, disamping atlet, juga ofisial," uajr Kepala BIN Budi Gunawan. (*)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!