< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Begini Pola BIN Dalam Pengamanan PON 2020 Papua

Gatra
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Budi Gunawan. (GATRA/Ryan Sara Pratiwi/re1)

Jakarta, Gatra.com - Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke-XVI tinggal menghitung bulan. Pengamanan pun disiagakan menjelang perhelatan olahraga nasional tersebut.

"Tentu ada pola-pola sistem pengamanan kita termasuk terbuka dan tertutup karena ada kunjungan kehadiran dari beberapa kepala negara khususnya di negara-negara Asia Pasifik," ujar Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan saat memberikan keterangan usai rapat bersama beberapa Komisi terkait, di gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (4/2).

"Karena rencananya PON XX di Papua nanti akan dihadiri oleh beberapa kepala negara dan perwakilan duta besar di samping atlet dan juga official," imbuh Jenderal bintang empat tersebut.

Menurutnya, ada empat wilayah di Papua yang akan melaksanakan PON. Pihaknya sudah melaksanakan operasi gabungan untuk mencegah potensi gangguan.

"Ada empat wilayah yang akan melaksanakan pertandingan ini, di Jayapura kota, Jayapura Kabupaten, di Mimika dan Merauke maka dari hasil deteksi dan pemetaan ada beberapa potensi kerawanan yang sudah kita lakukan operasi gabungan untuk mencegah dan memotong potensi-potensi tersebut agar tidak menjadi gangguan acara," papar Budi.


Reporter: Muhammad Guruh Nuary
Editor: Andik Sismanto

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!