< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Pemerintah Didesak Percepat Pembangunan Venue PON 2020 di Papua

tribun papua

TRIBUNPAPUA.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani mendesak pemerintah mempercepat pembangunan sarana dan prasarana terkait penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2020 di Papua.

Hal itu ia sampaikan seusai rapat gabungan DPR bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, BIN, TNI, dan Polri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

"DPR mendesak pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Papua serta kabupaten/kota penyelenggara PON ke-XX untuk bekerja keras menyukseskan PON ke-XX dan Peparnas ke-XVI khususnya dalam hal keamanan, percepatan penyelesaian pembangunan venue, dan ketersediaan akomodasi," kata Puan.

• Soal Akomodasi Atlet di PON 2020 Papua, Wagub Klemen Tinal: Kalau Tak di Hotel Ya di Rumah Warga

Ia menyatakan DPR mendukung pelaksanaan PON dan Peparnas 2020.

Puan pun mendorong agar Polri, TNI, dan BIN turut serta dalam pengamanan gelaran PON dan Peparnas di Papua.

"DPR RI mendukung langkah-langkah yang dilakukan oleh kepala BIN dan TNI-Polri untuk menjamin keamanan di Provinsi Papua, khusunya di kabupaten/kota yang menjadi penyelenggara PON dan Peparnas tahun 2020," ujar dia.

Selanjutnya, hasil rapat gabungan hari ini akan didalami oleh komisi-komisi terkait.

• Jokowi Sampaikan Pesan Khusus untuk Penyelenggaraan PON 2020 Papua

Komisi di DPR yang terlibat dalam penyelenggaraan PON adalah Komisi I, Komisi II, Komisi III, dan Komisi X.

"Dalam rapat gabungan ini nantinya tindak lanjut selanjutnya adalah pendalaman yang akan dilakukan oleh setiap komisi terkait, yaitu Komisi I, II, III, dan X untuk bisa melaksanakan sukses dari penyelenggaraan PON 2020 dan Peparnas 2020," kata Puan.

Diketahui, PON rencananya digelar 20 Oktober 2020 hingga 2 November 2020.

Beberapa daerah yang akan dijadikan lokasi pertandingan yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

• Progres Terbaru Pembangunan Venue PON 2020 Papua

Sebanyak 37 cabang olahraga akan ditandingkan dalam PON ke-XX.

Kemudian sebanyak 6442 atlet juga akan berpatisipasi dalam PON kali ini.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Kamis (23/1/2020), telah meninjau persiapan pelaksanaan PON ke-XX di Merauke, Papua.

Dalam peninjauannya, Muhadjir menyampaikan, konsistensi dalam pembangunan dan persiapan venue PON harus dijaga jelang pelaksanaan event nanti.

• Tinjau Pembangunan Venue PON 2020 Papua, Mendagri: Yang Perlu Dikhawatirkan Masalah Penginapan

Ia pun mengatakan, sejauh ini, persiapan fisik baik infrastruktur maupun sarana-prasarana pendukung sudah sesuai dengan target yang diharapkan.

"Waktunya ditargetkan paling akhir sampai Juni. Saya lihat kalau progresnya konsisten terus seperti yang sekarang, tidak sampai Juni selesai," ujar Muhadjir dikutip dari siaran pers Kemenko PMK, Jumat (24/1/2020).

(Kompas.com/Tsarina Maharani)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!