< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Prestasi Sri Mulyani Jadi ‘Kutukan’?

PinterPolitik.com
Prestasi Sri Mulyani Jadi Kutukan
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ketika menghadiri rapat bersama Komisi IV DPD pada Januari 2020 lalu. (Foto: Antara)

3 minute read

“Mess, cursed and blessed” – Eminem, penyanyi rap asal Amerika Serikat


PinterPolitik.com

Bila kita berbicara membahas Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (atau Bu Ani), kita mungkin bakal ingat dengan pengalaman dan prestasinya yang bisa dibilang cukup hebat. Bagaimana tidak? Bu Ani ini dulu pernah lho menjadi perempuan Indonesia pertama yang menduduki jabatan Direktur Pelaksana Bank Dunia pada tahun 2010-2016.

Selain pernah menjabat sebagai petinggi organisasi internasional tersebut, Bu Ani juga kerap mendapatkan penghargaan internasional lho. Pada tahun 2019 lalu misalnya, majalah The Banker – tergabung dalam kelompok Financial Times – menobatkan beliau sebagai Finance Minister of The Year 2019.

Selain dari The Banker, Bu Ani juga pernah lho mendapatkan penghargaan sebagai Best Minister of Finance in Asia Pacific dalam tiga tahun berturut-turut, yakni pada tahun 2017, 2018, dan 2019. Penghargaan-penghargaan ini datang dari media keuangan di Asia yang bernama FinanceAsia.

Hmm, dengan pengalaman dan penghargaan seabrek gini, pasti sudah biasa dong buat Bu Ani dalam melewati berbagai rintangan yang harus dilalui guna mewujudkan kebijakan-kebijakan pemerintah sebagai Menkeu, apalagi rintangan-rintangan “sakit perut” akibat banyak gratisan-gratisan yang dijanjikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hehe.

Hmm, tapi, Bu Ani beberapa waktu lalu tampaknya harus menghadapi rintangan yang berbeda. Dalam rapat lanjutan yang dilaksanakan bersama Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada akhir Januari lalu, beliau malah dipanggil oleh para anggota DPR dengan sebutan “Menteri Terbaik Dunia.”

instagram

Alih-alih merasa bangga, Bu Ani malah kesal lho dengan kelakuan anggota-anggota DPR tersebut. Pasalnya, sebutan prestasi Menkeu itu malah digunakan untuk mengkritik kinerja beliau yang dianggap gagal dalam mencapai target yang ditentukan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2019 lalu.

Hmm, berkaca dari kasus ini, tampaknya blessing (berkat) dalam prestasi yang didapatkan oleh Bu Ani sebagai Menkeu tampaknya juga menjadi curse (kutukan) tuh buat beliau. Kek gimana ya? Menjadi semacam blessing yang ternyata juga merugikan Bu Ani.

Mungkin, hal serupa juga dialami nih oleh Sabrina Spellman dalam seri televisi Netflix yang berjudul Chilling Adventures of Sabrina. Dalam seri tersebut, dikisahkan bahwa Sabrina memiliki kekuatan magis sebagai seorang penyihir (witch). Meski begitu, kekuatannya itu dianggap cukup menakutkan bagi para teman-teman dekatnya – seperti Harvey Kinkle – sehingga muncul persoalan dan rintangan baru bagi hubungan pertemanan mereka.

Ya, mungkin, bagi Bu Ani, tantangan-tantangan baru – seperti peristiwa di DPR lalu – ini dapat menjadi ujian baru bagi beliau sebagai Menkeu. Pasalnya, bagaimanapun, penghargaan-penghargaan itu diperoleh beliau karena kemampuannya dalam membuat kebijakan ekonomi dan keuangan yang dinilai baik.

Apalagi, dalam beberapa waktu dekat, perekonomian Indonesia diprediksi akan mendapatkan gejolak ancaman lain, yakni virus Corona yang disebut-sebut dapat berdampak pada Tiongkok dan sebagian rapor ekonomi Indonesia. (A43)

► Ingin lihat video menarik lainnya? Klik di bit.ly/PinterPolitik

Ingin tulisanmu dimuat di rubrik Ruang Publik kami? Klik di  untuk informasi lebih lanjut.

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!