< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Sampai Besok, Ini Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Rmol.

- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) memprediksikan dalam tiga hari ke depan di beberapa wilayah Indonesia berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo MSc, menyampaikan prediksi ini berlaku sejak tanggal 3 sampai 5 Februari 2020, karena berbagai kondisi cuaca yang telah dianalisis.

Sejumlah wilayah yang dilanda hujan lebat dan angin kencang pada Senin (3/2/2020), di antaranya terjadi di Sumatera Barat, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara.

Lebih lanjut Mulyono memaparkan adanya daerah tekanan rendah di Samudera Hindia Barat Daya Banten dan Australia bagian utara.

Selain itu, terdapat sirkulasi sikonik di Samudera Hindia Barat Lampung (925/700mb), Samudera Pasifik Utara Papua (925/700mb).

"Adanya konvergensi atau pertemuan angin yang memanjang di Samudera Hndia Barat Sumatera dan Laut Flores hingga NTT," ujar Mulyono.

Daerah belokan angin terdapat di wilayah Sumatera bagian Selatan, Kalimantan Bagian Selatan, Sulawesi bagian Tengah dan Utara, Maluku Utara dan samudera Pasifik Utara Papua.

Hujan lebat dan angin kencang pada, Selasa (4/2/2020), diprediksi akan terjadi di wilayah Sumatera yakni Bengkulu dan Lampung.

Sejumlah wilayah di Pulau Jawa seperti Jawa Tengah dan Yogyakarta juga akan diguyur hujan lebat.

Sebagian pulau Kalimantan, seperti Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah, serta wilayah Sulawesi seperti Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara juga akan mengalami potensi hujan lebat.

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!