< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

BMKG Prediksi Potensi Hujan Lebat Disertai Angin hingga 3 Hari ke Depan, Termasuk di Wilayah Yogya

Jogja-Tribun

TRIBUNJOGJA.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan dalam tiga hari ke depan di beberapa wilayah Indonesia berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo MSc, menyampaikan prediksi ini berlaku sejak tanggal 3 sampai 5 Februari 2020, karena berbagai kondisi cuaca yang telah dianalisis.

Sejumlah wilayah yang dilanda hujan lebat dan angin kencang pada Senin (3/2/2020), di antaranya terjadi di Sumatera Barat, Lampung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara.

Lebih lanjut Mulyono memaparkan adanya daerah tekanan rendah di Samudera Hindia Barat Daya Banten dan Australia bagian utara.

Selain itu, terdapat sirkulasi sikonik di Samudera Hindia Barat Lampung (925/700mb), Samudera Pasifik Utara Papua (925/700mb).

"Adanya konvergensi atau pertemuan angin yang memanjang di Samudera Hndia Barat Sumatera dan Laut Flores hingga NTT," ujar Mulyono.

Daerah belokan angin terdapat di wilayah Sumatera bagian Selatan, Kalimantan Bagian Selatan, Sulawesi bagian Tengah dan Utara, Maluku Utara dan samudera Pasifik Utara Papua.

Hujan lebat dan angin kencang pada, Selasa (4/2/2020), diprediksi akan terjadi di wilayah Sumatera yakni Bengkulu dan Lampung.

Sejumlah wilayah di Pulau Jawa seperti Jawa Tengah dan Yogyakarta juga akan diguyur hujan lebat.

Sebagian pulau Kalimantan, seperti Kalimantan Utara dan Kalimantan Tengah, serta wilayah Sulawesi seperti Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara juga akan mengalami potensi hujan lebat.

Sementara pada Rabu (5/2/2020) diperkirakan hujan lebat akan terjadi di Sumatera Barat dan Lampung, serta di Jawa Tengah dan Yogyakarta masih akan mengalami kondisi cuaca yang sama.

Hujan lebat juga akan mengguyur Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, SUalwesi Barat dan Maluku.

Sementara hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi di wilayah berikut:

Selasa, 4 Februari 2020

Aceh

Riau

Jambi

Sumatera Selatan

Kepulauan Bangka Belitung

Jawa Barat

Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi)

Jawa Timur

Nusa Tenggara Barat

Kalimantan Barat

Kalimantan Selatan

Sulawesi Utara

Papua

Rabu, 5 Februari 2020

Aceh

Riau

Jambi

Sumatera Selatan

Kepulaun Bangka Belitung

Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi)

Nusa Tenggara Barat

Kalimantan Barat

Kalimantan Selatan

Sulawesi Utara

Papua

BMKG terus mengimbau masyarakat agar dapat mewaspadai potensi cuaca tersebut.

Terutama bagi masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir atau kilat.

"BMKG mengimbau agar masyarakat untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan," imbuh dia. (*/kompas.com)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!