< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Banjir Terjang Wilayah Dander Bojonegoro, Ratusan Rumah Warga Tergenang

Berita Bojonegoro

Banjir Bandang

Bojonegoro (Dander) – Akibat hujan deras yang terjadi di wilayah Kabupaten Bojonegoro, khususnya di wilayah Kecamatan Dander, Senin (30/12/2019) sore hingga petang, mengakibatkan ratusan rumah warga di Desa Kunci dan Desa Sumberarum Kecamatan Dander, tergenang luapan air.

Selain menggenangi rumah dan pekarangan warga, luapan air juga menggenang jalan desa dan jalan provinsi. Sementara, kurang lebih 70 hektare sawah warga juga terendam luapan air.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, sementara kerugian material masih dalam penghitungan petugas.

Diberitakan sebelumnya, dalam waktu yang hampir bersamaan, akibat hujan deras yang terjadi di wilayah Kecamatan Gondang mengakibatkan sungai yang berada di Desa Pragelan Kecamatan Gondang meluap. Akibatnya, tanggul sungai yang berada di Dusun Bluru Desa Pragelan jebol.

Informasi yang didapat awak media ini dari Kapolsek Dander, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Mashadi SH, bahwa kronologi kejadian banjir tersebut bermula pada Senin (30/12/2019), sore, terjadi hujan deras si wilayah Kecamatan Dander dan sekitarnya, khususnya di bagian selatan.

Selanjutnya sekitar pukul 17.00 WIB, luapan air mulai datang dari arah selatan kemudian aliran air tersebut menggenangi jalan raya. Selanjutnya air masuk ke area persawahan dan pemukiman warga di Desa Sumberarum. Kemudian air masuk pemukiman warga di Desa Kunci dan menggenangi rumah warga. Luapan air selanjutnya menuju anak sungai Bengawan Solo yang ada di desa setempat.

"Untuk jumlah pasti rumah warga terdampak masih dalam pendataan, diperkirakan rumah warga yang tergenang mencapai seribu lebih, sebagian besar di Desa Kunci dan sebagian lagi di Desa Sumberarum tergenang. Untuk sawah warga yang tergenang kurang lebih seluas 70 hektare," kata Kapolsek Dander, AKP Mashadi SH.

AKP Mashadi SH menambahkan, rumah warga yang terdampak luapan air di Desa Kunci ada 19 RT meliputi, RT 001 dan 002, kemudia RT 004 sampai RT 015, serta RT 017 hingga RT 021. Sementara untuk Desa Sumberarum, rumah warga yang terdampak di RT 008.

"Sekitar pukul 20.00 WIB malam ini, air yang menggenangi rumah warga mulai surut. Tinggal halaman atau pekarangan warga saja yang tergenang, namun untuk pesawahan, masih banyak yang tergenang." kata AKP Mashadi.

Malam ini, aparat bersama perangkat desa dan warga setempat mulai membersihkan lumpur dari sisa-sisa banjir tersebut.

“Tidak ada korban jiwa maupun korban luka-luka. Sementara untuk kerugian material, menyusul.” kata AKP Mashadi. (red/imm)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!