< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

2038 Terjadi Lagi Gerhana Matahari Cincin

Harianbernas
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, BERNAS.ID - Kamis (26/12) kemarin, sejumlah wilayah di Indonesia mengalami Gerhana Matahari Cincin. Pertanyaannya, kapan fenomena tersebut akan terjadi lagi?

Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Klas I Tangerang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Urip Setiyono mengatakan fenomena tersebut akan terjadi lagi 19 tahun mendatang.

“Adapun gerhana yang akan datang yang berasosiasi dengan gerhana hari ini adalah Gerhana Matahati Cincin 5 Januari 2038,” kata Urip Setiyono.

Meskipun fenomena langka tersebut akan terulang, namun Gerhana Matahari Cincin tersebut tidak bisa disaksikan di Indonesia. sedangkan untuk Gerhana Matahari Total akan menyambangi Indonesia sekitar 3,5 tahun mendatang atau tepatnya pada 20 April 2023.

“Tepat akan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah,” ucap Urip.

Gerhana Matahari Total tersebut bisa diamati di beberapa wilayah timur Indonesia, di antaranya Kota Biak, Papua, wilayah Papua Barat, dan laut Banda.

Gerhana Matahari Concon di mana letak matahari, bulan dan bumi sejajar sehingga matahari tampak gelap tertutup bayangan bulan. (sbh)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!