< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

BNPB Sampaikan Potensi Bencana Tahun 2020

Inilah

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo menyampaikan potensi kebencanaan di Indonesia pada tahun 2020. Potensi kebencanaan tahun depan lanjutnya, terdiri dari bencana banjir, gempa bumi, dan erupsi gunung berapi.

"489 Kabupaten/Kota berada di daerah bahaya (banjir) sedang-tinggi, dengan jumlah penduduk terpapar dari bahaya sedang-tinggi sebanyak 63,7 juta jiwa," kata di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Selasa (17/12/2019).

Kemudian tambahnya, daerah tersebut juga masih rawan terjadi gempa di jalur subduksi atau pertemuan lempeng maupun di jalur sesar. Dari Data yang ada, terdapat 214 sumber gempa baru. Jumlah itu tersebar di 37 potensi di Jawa, 48 di Sulawesi, 79 di Papua dan Nusa Tenggara dan 49 di Laut Banda.

"Bahwa kita ada banyak kejadian gempa, kita banyak sekali terjadi gempa, jadi potensinya sangat tinggi di Indonesia. Jadi masih ada prediksi-prediksi untuk bencana-bencana yang megathrust. Kita tidak mengharapkan, tapi para ahli masih memperkirakan kita punya banyak megathrust. Ini zona-zonanya megathrust, ini prediksi-prediksi yang kemungkinan akan terjadi gempa besar," tutur Agus.

Potensi gempa lanjutnya berpotensi terjadi di zona Papua, zona Jawa bagian selatan, Sumatera bagian barat. "Ini adalah zona-zona yang prediksi gempanya di atas (magnitudo) 8, prediksi para ahli di atas (magnitudo) 8. Tapi kita tidak tahu kapan terjadinya," tandasnya. [fad]

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!