< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Demi Menolong Atlet Indonesia, Surfer Filipina Rela Lepas Kemenangan

Radar Jogja

RADAR JOGJA – Roger Casugay harusnya bisa menang mudah pada ronde ketiga kelas longboard open cabang olahraga surfing di SEA Games 2019.

Sang rival, Arip Nurhidayat asal Indonesia terjatuh. Tali di kakinya terlepas. Tubuhnya segera tergulung ombak besar di Monaliza Point, San Juan, La Union, Filipina (8/12).

Namun, ternyata Casugay tidak mengambil keuntungan dari lawannya yang celaka. Tanpa berpikir dua kali, dia berhenti. Casugay lantas membantu menyelamatkan nyawa Arip yang bisa sangat terancam.

Marshal dan petugas penolong di pantai Monaliza Point juga bereaksi untuk membantu Arip. Arip lantas diangkut ke tepi dengan menggunakan jet ski. Nyawa atlet Indonesia itu terselamatkan.

Karena Casugay meninggalkan arena untuk menolong Arip, maka perlombaan tersebut untuk sementara dibatalkan. Lebih tepatnya ditunda. Rencananya, hari ini kompetisi Arip versus Casugay akan dilanjutkan.

Dampak dari aksi heroik Casugay itu adalah semifinal dan final longboard open surfing SEA Games 2019 juga mengalami kemunduran jadwal.

Arip Nurhidayat (kiri) dan Roger Casugay (Philippine Star)

Berita menginspirasi ini kali pertama diposting akun Facebook milik Jefferson Ganuelas.

”Tali atlet longboard sensasional Indonesia putus. Dia lalu tersapu ombak yang bergulung-gulung di Monaliza Point. Surfer lokal Roger Casugay menyelamatkan dia, tak peduli dengan kompetisi untuk memburu emas,” tulisnya.

Postingan Ganuelas ini lantas viral di Filipina. Banyak yang memuji betapa luar biasanya aksi Casugay. ”#Pilipinoheart is soooo goood!!! One of the best,” tambah Ganuelas.

Kisah luar biasa ini juga dibagikan di halaman Facebook resmi SEA Games 2019. Kerelaan Casugay untuk melepaskan peluang menang di depan mata, demi membantu sang lawan, dengan segera menuai pujian besar dari rakyat Filipina.

“This is how #WeWinAsOne,” tulis akun tersebut.

Win As One adalah motto SEA Games 2019.

The United Philippine Surfing Association (UPSA) juga memberikan pujian tinggi atas tindakan Casugay. Organisasi itu menyebut aksi atletnya tersebut sebagai “Sportsmanship at its finest!”. (jpc/riz)

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!