< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Jakarta Jadi Destinasi Wisata Olah Raga Bertaraf International

Anton Ryadie

Ke Jakarta tidak lengkap rasanya menjajal berbagai fasilitas olah raga. Bahkan fasilitas olah raga di Ibu Kota ini telah berstandar International, hal itu yang membuat Pemprov DKI Jakarta saat ini sedang menggalakan Sport tourism. Makanya banyak atlet profesional baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang datang khusus ke Jakarta untuk berlatih.

Gambar 1

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Edy Junaedi mengatakan ada beberapa tempat olah raga yang menjadi fokus sport tourism Pemprov DKI Jakarta, bahkan lokasi-lokasi ini juga telah diakui dunia diantaranya, Komplek Gelora Bung Karno Senayan, disana terdapat fasilitas lapangan atletik, lapangan sepak bola, aquatik, dan badminton yang berstandar international. Akses menuju senayan pun mudah anda bisa menggunakan Bus Transjakarta turun di Halte Senayan, akses lain bisa menggunakan Commuterline Turun di Stasiun Palmerah, dan Kereta Ratangga turun di Stasiun MRT Senayan, ingin menuju ke venue di GBK sudah disediakan Bus Transjakarta gratis yang akan menjemput anda di setiap halte pemberhentian yang disediakan di dalam GBK.

 

Lalu di Kawasan Pulo Mas, Jakarta Timur juga terdapat Jakarta International Equestrian Park. disana terdapat fasilitas olah raga kuda. Bagi anda yang tidak memiliki kuda tidak perlu khawatir, pengelola Equestrian menyediakan kuda-kuda equestrian yang dapat disewakan perjamnya sesuai usia, bahkan ada juga kelas berkudanya.

Gambar 2

Jakarta juga memiliki Jakarta International Velodrome atau tempat balap sepeda berstandar Internasional di Pulo Gadung, Jakarta Timur. Velodrom memiliki luas 9,5 hektar dengan panjang lintasan mencapai 250 meter, untuk lintasannya saja menggunakan kayu khusus yang didatangkan langsung dari Siberia. Memasangnya pun sangat hati-hati oleh ahlinya, sehingga ini menjadi lokasi terbesar dan terbaik di Asia Tenggara.

 

“Akses dari Velodrome ke Equestrian dan sebaliknya dapat menggunakan LRT Jakarta. Bagi yang menggunakan bus Transjakarta ke Velodrome bisa turun di halte Pemuda Rawamangun, dan yang menuju Equestrian bisa menggunakan mikro trans JAK-33 dua tempat tersebut juga disediakan area parkir yang sangat luas,” tuturnya.

Gambar 3

Pencinta olah raga air juga dapat menjajal arena Jetski, di Marina Ancol, Jakarta Utara. Olah raga yang identik mahal ini akan terhapuskan saat anda menjajal jetski di lokasi tersebut, sebab harga sewa yang ditawarkan sangat terjangkau. Akses menuju ke venue juga sangat gampang, bagi anda yang menggunakan kendaraan umum bisa menggunakan bus Transjakarta turun di Halte Ancol lalu ke lokasi tujuan menggunakan bus gratis Wara Wiri yang telah disediakan pihak PT Pembangunan Jaya Ancol.

Gambar 4

Sesuai standarnya, lokasi-lokasi tersebut kerap dijadikan ajang olah raga bergengsi bertaraf international. Ajang yang baru berlangsung yaitu Asian Games 2018, Indonesia terutama Jakarta menjadi tuan rumah perhelatan akbar yang diikuti oleh 45 negara.

 

“Setelah itu menyusul Asian Para Games 2018 dimana semua atletnya merupakan penyandang disabilitas dari 42 negara,” tuturnya.

Gambar 5

Perhelatan ini membuktikan bahwa, Jakarta telah memiliki tempat olah raga yang tidak hanya berstandar International saja, melainkan ramah disabilitas. Ayo pilih apa olah raga favorit Anda?.

 

Infomasi lebih lanjut dapat mengunjungi website Jakarta-tourism.go.id

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!

Komentar Teratas

Kunjungi app