< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

3 Cara Mengecek Lolos atau Tidak Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2019, Jangan Login SSCN Tanggal Ini

Surya Malang

SURYAMALANG.COM - Ada 3 cara mengecek lolos atau tidak lolos seleksi Administrasi CPNS 2019 salah satunya melalui website. 

Selain itu ada dua cara lainnya untuk mengecek lolos atau tidak lolos seleksi Administrasi CPNS 2019 seperti kata BKN. 

Namun, ada juga himbauan bagi peserta CPNS 2019 untuk tidak login website SSCN pada tanggal tertentu. 

Diketahui, pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 yang dibuka pada 11 November 2019 akan berakhir dalam pekan ini.

Cara Melihat Jumlah Pendaftar CPNS 2019, 2,4 Juta Sudah Bikin Akun Namun Baru 200an Ribu yang Submit
Cara Melihat Jumlah Pendaftar CPNS 2019, 2,4 Juta Sudah Bikin Akun Namun Baru 200an Ribu yang Submit (Website sscn.bkn.go.id)

Sejumlah instansi ada yang sudah menutup pendaftaran, sebagian lainnya ada yang masih membuka hingga beberapa hari ke depan.

Melansir dari Kompas.com (grup SURYAMALANG.COM) berikut cara mengecek lolos atau tidak lolos seleksi Administrasi CPNS 2019. 

1. Lewat Portal SSCN 

Tinggal 3 Hari CPNS 2019 Dibuka, Link Pendaftaran Bukan sscn.bkn.go.id, Pahami Lagi Tata Caranya
Tinggal 3 Hari CPNS 2019 Dibuka, Link Pendaftaran Bukan sscn.bkn.go.id, Pahami Lagi Tata Caranya (Tangkap Layar Website SSCASN)

Plh Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, untuk peserta yang ingin mengecek lolos atau tidak dalam seleksi administrasi, bisa mengeceknya pada portal SSCN.

“Login di portal SSCASN pada range waktu yang disebutkan dalam pengumuman instansi,” ujar RIdwan, saat dihubungi Kompas.com, Senin (02/12/2019).

Jika seorang pelamar dinyatakan lulus, maka akan muncul keterangan “Selamat Anda Lulus”.

Sementara, mereka yang tidak lolos akan mendapatkan keterangan “Maaf Anda Tidak Lulus" dengan disertai alasannya.

2. Melalui Medsos dan Website Masing-masing Instansi 

Ilustrasi Media Sosial
Ilustrasi Media Sosial (simplilearn.com )

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui lolos tidaknya seorang peserta dalam seleksi administrasi, BKN akan meminta setiap instansi menyediakan informasi tersebut di website dan media sosial.

3. Di Papan Pengumuman  

Ilustrasi papan pengumuman
Ilustrasi papan pengumuman (NET )

Selain itu, setiap instansi di daerah diminta menyediakan papan pengumuman berisi daftar nama peserta yang lolos seleksi administrasi.

Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi CPNS 2019, akan mendapatkan informasi mengenai jam seleksi.

“Maka ketika mencetak kartu di situ akan ada: saya Mohammad Ridwan dapatnya sesi ke 5 pada katakanlah 2 Februari 2020 pukul sekian, itu ada,” ujar Ridwan dalam acara QnA live di Youtube resmi BKN, Senin (2/12/2019).

Jangan Login Situs SSCN 

Sementara itu Plh Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan juga mengatakan, peserta dihimbau tidak berulang kali login di situs SSCN pada 15-20 Desember 2019.

Alasannya, pada rentang waktu tersebut administrator instansi tengah melakukan verifikasi.

 Melalui siaran resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), Plh Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan memastikan, tidak akan ada perubahan data pelamar yang akan terjadi selama proses ini.

"Hari-hari ini, ke depan, sampai dengan 15 atau 20 Desember, saya mohon jangan sering-sering login ke dalam portal SSCN. Karena, itu waktunya kami berikan sepenuhnya kepada administrator instansi untuk melakukan verifikasi," kata Ridwan di Jakarta, Senin (2/12/2019) siang.

Rabu, 19 September 2018 pagi hari situs sscn.bkn.go.id belum bisa dibuka
Ilustrasi  situs sscn.bkn.go.id belum bisa dibuka (sscn.bkn.go.id)

Menurut Ridwan, pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS 2019 kemungkinan besar akan dilaksanakan pada akhir Desember 2019.

Setelah pengumuman administrasi, akan ada waktu sanggah selama tiga hari. "Pengumuman ada (dilakukan pada) akhir Desember.

Ada pengumuman siapa lolos siapa tidak. Ada masa sanggah tiga hari, respons masa sanggah 7 hari (bagi instansi)," ujar dia.

Ridwan menjelaskan, nantinya instansi akan menyertakan alasan jika pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi.

Ridwan menambahkan, semua proses verifikasi tercatat dalam sistem, meskipun proses verifikasi dilakukan masing-masing instansi.

Verifikator yang memutuskan lolos tidaknya pelamar pun tercatat dan dapat ditelusuri di sistem.

"Siapa yang melakukan verifikasi terhadap pelamar A (menyatakan lolos tidaknya) itu ada di sistem. Kalau ditelusur lagi itu bisa," paparnya.

CPNS menyerahkan berkas kelengkapan persyaratan ke BKPPD Pemkab Pasuruan.
CPNS menyerahkan berkas kelengkapan persyaratan ke BKPPD Pemkab Pasuruan. (suryamalang.com/Galih Lintartika)

Terkait tanggalnya, lanjut Ridwan, pelamar dapat melihat kembali rentang waktu yang tertera dalam pengumuman pengadaan CPNS masing-masing instansi.

Ridwan menjelaskan, masing-masing instansi pun nantinya juga akan memberikan informasi jika memang hasil seleksi administrasi akan diumumkan.

"Ada alasan jika (pelamar dinyatakan) tidak lulus. Jadi kita lihat lagi pengumuman instansi yang kita lamar range-nya (waktu) kapan," ujar Ridwan.

Sementara, untuk peserta yang dinyatakan memenuhi syarat administrasi, akan muncul jadwal tahapan tes selanjutnya, yaitu seleksi kompetensi dasar (SKD).

Jadwal lengkap ini juga tertera pada kartu ujian peserta.

Untuk Anda yang sampai dengan hari ini belum mendaftar CPNS, masih ada sejumlah instansi yang belum menutup pendaftarannya, di antaranya adalah

- Kementerian energi dan Sumber Daya Manusia

- Kemenko PMK Kementerian Perdagangan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila

- Kementerian Koperasi dan UKM Badan Penanggulangan Terorisme

- Kemendikbud Dikti

- Kementerian riset dan Teknologi Badan Pemeriksa Keuangan

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!