< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

7 Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan, Ketahui Efek Sampingnya

Tribrata

1. Bikin Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan yang ideal merupakan idaman bagi banyak orang. Selain meningkatkan kepercayaan diri, berat badan yang ideal juga dapat mencegah terjadinya obesitas. Anda bisa menjaga berat badan dengan mengonsumsi air rebusan daun salam setiap pagi hari selepas bangun tidur.

2. Mengobati Diabetes

Bagi Anda yang memiliki diabetes, daun salam adalah bahan alami yang ampuh mengatasi masalah diabetes. Senyawa zat polifenol dalam daun salam berperan sebagai antioksidan yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Anda bisa meminum air rebusan daun salam secara rutin.

3. Menurunkan Risiko Batu Ginjal

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi makanan asin, Anda perlu meminum daun salam. Makanan dengan kadar garam tinggi dapat menyebabkan penyakit ginjal.

Daun salah akan bekerja untuk mengurangi urease, yakni enzim yang berlebihan penyebab batu ginjal. Kandungan mineral dalam air rebusan daun salam juga mampu mencegah pembentukan batu ginjal.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ terpenting guna memompa aliran darah, sehingga wajib dijaga kesehatannya. Penyakit jantung bisa menyebabkan kematian. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun salam untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah berbagai penyakit kronis seperti serangan jantung, jantung koroner, hingga stroke.

5. Membunuh Sel Kanker

Setiap orang yang sering beraktivitas di luar rumah berisiko terkena radikal bebas. Padahal, radikal bebas adalah salah satu penyebab pertumbuhan sel kanker.

Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun salam. Manfaat ini dikarenakan ramuan daun salam dapat menghambat dan membunuh pertumbuhan sel kanker karena adanya senyawa antioksidan cukup tinggi.

6. Memutihkan Gigi

Sebagian besar orang memiliki keluhan dan kurang percaya diri karena memiliki gigi berwarna kekuningan. Bahkan kebanyakan dari mereka rela melakukan berbagai cara untuk memutihkan gigi dengan bahan kimiawi dan perawatan dokter yang mahal.

Namun sebenarnya, memutihkan gigi bisa dilakukan secara alami dengan rajin meminum air rebusan daun salam. Caranya, keringkan daun salam dengan dijemur. Setelah itu, hancurkan daun yang sudah kering dengan perasan jeruk lemon. Gunakan ramuan tersebut dengan cara disikat atau menggosokan pada gigi.

7. Menjaga Kesehatan Rambut

Memiliki rambut sehat, kuat, dan cantik merupakan idaman bagi banyak orang, khususnya kaum wanita. Anda bisa memiliki rambut sehat dan kuat dengan menggunakan ramuan daun salam.

Caranya, panaskan daun salam yang dicampur dengan minyak zaitum atau minyak kemiri selama beberapa menit. Setelah itu, Anda bisa menggosokannya pada rambut dalam keadaan hangat.

Efek Samping Daun Salam

Manfaat daun salam memang tak perlu diragukan lagi. Namun jika Anda terlalu banyak mengonsumsinya, maka akan memberikan efek samping bagi kesehatan lainnya. Anda hanya boleh mengonsumsi air rebusan daun salam satu gelas per hari atau dua hari sekali.

Berikut adalah beberapa efek samping daun salam jika dikonsumsi berlebihan:

- Gangguan saluran pencernaan

- Radang akut pada sistem pencernaan

- Reaksi alergi

- Infeksi pada kulit

- Mengalami sesak napas dan asma

- Menurunkan gula darah secara drastis dan tidak baik dikonsumsi berlebihan bagi orang yang tidak memiliki penyakit diabetes

- Tidak baik untuk ibu hamil dan menyusui

- Tidak boleh dikonsumsi sebelum melakukan operasi karena rawan terjadi perdarahan

Sumber: Alodokter, WebMD, Healthline

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!