< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />
Download Baca Plus dan menangkan hadiah!
closeDownload
share icon

Benarkah Mengkonsumsi Kentang Membuat Berat Badan Sulit Turun?

Dokterid

Benarkah Mengkonsumsi Kentang Membuat Berat Badan Sulit Turun?

Benarkah Mengkonsumsi Kentang Membuat Berat Badan Sulit Turun?

Memang benar kentang memiliki indeks glikemik yang tinggi. Indeks glikemik merupakan suatu ukuran yang menyatakan kemampuan suatu makanan untuk meningkatkan kadar gula darah dalam waktu singkat.

Akan tetapi, sebuah penelitian baru di Amerika menunjukkan bahwa seseorang masih tetap dapat mengkonsumsi makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi, termasuk kentang, dan tetap mengalami penurunan berat badan.

Pada penelitian ini, para peneliti mengamati sekitar 90 orang pria dan wanita dengan berat badan berlebih dan meminta mereka untuk melakukan salah satu dari 3 jenis diet berikut ini, yaitu:

Para peneliti kemudian meminta ketiga kelompok peserta penelitian tersebut kentang coklat dan kentang merah, resep sehat, dan meminta mereka untuk mengkonsumsi keduanya sebanyak 5-7 porsi setiap minggunya.

Setelah melakukan salah satu diet di atas selama 12 minggu, para peserta penelitian pada ketiga kelompok di atas pun telah mengalami penurunan berat badan, bahkan pada kelompok ketiga yang tidak diminta untuk melakukan diet apapun, telah secara otomatis mengurangi jumlah kalori yang mereka konsumsi dan mengalami penurunan berat badan dengan mengkonsumsi lebih banyak kentang.

Walaupun pada penelitian ini para peneliti tidak menyelidiki penyebab terjadinya penurunan berat badan pada orang yang tetap mengkonsumsi kentang, akan tetapi berbagai penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kentang mengandung banyak serat yang tentunya juga turut berperan dalam proses penurunan berat badan para peserta penelitian. Sebutir kentang berukuran sedang mengandung kira-kira 4.7 gram serat.

Selain itu, kentang sebenarnya hanya mengandung 110 kalori. Jadi bila Anda mampu mengolahnya dengan cara yang sehat, maka kentang dapat menjadi salah satu makanan rendah kalori dan justru mengandung banyak nutrisi. Sebutir kentang mengandung 620 gram kalium, vitamin C, dan sama sekali tidak mengandung lemak, natrium, dan kolesterol

Sumber: womenshealthmag

LIHAT SUMBER DOWNLOAD BACA PLUS, ADA HADIAHNYA!